Bandarlampung, Korel.co.id — Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Tenaga Kerja Pesawaran berencana melanjutkan kerjasama dalam pembuatan website Geographic Information System (GIS) UMKM dengan Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

Hal ini terungkap dalam kunjungan Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja ke perguruan tinggi terbaik di Lampung pada Selasa, (16/1/24). Kunjungan tersebut dilakukan perwakilan Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja Adi Prasetia, S.T., M.Si.

Dalam kunjungannya, Adi Prasetia mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan sebelumnya atas penggarapan SiMoniK (Sistem Informasi Monitoring Kinerja UMKM). “Untuk SiMoniK juga diharapkan dapat membantu kelengkapannya dari yang sudah ada,” ucap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Baca : Peluang dan Tantangan Generasi Muda di Dunia Kerja : Esensi Gelar Akademik dalam Upaya Peningkatan Kualitas SDM

Masih kata dia, untuk selanjutnya dapat bersinergi kembali untuk pembuatan website GIS UMKM.”Kami ingin ketika muncul dalam website GIS terdapat nama usaha dan lokasi serta produknya,” tuturnya.
Menurut dia, website GISnya juga ditautkan ke laman utama Kabupaten Pesawaran. “Untuk menentukan titiknya nanti akan dikumpulkan per desa untuk memilih 10 UMKM. Maka nanti akan terdata dengan titik lokasinya,” imbuhnya.

Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat (LP2M) Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs., mengatakan untuk usulan yang disampaikan oleh Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja akan dianalisis terlebih dahulu. “Nanti bisa jadi bahan penelitian dengan pengajuan proposal untuk meraih hibah,” ungkapnya.

Sri Lestari menerangkan dengan berakhirnya SiMoniK diharapkan juga dapat terus dikelola dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran. “Karena akan termonitor dengan baik pertumbuhan UMKM di Kabupaten,” pungkasnya.

Baca : Prodi Akuntansi FEB UBL Resmi Ditetapkan Sebagai TUK Sertifikasi Teknisi Akuntansi

Dalam kunjungan hadir juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Aswin, S.E., M.M., Dosen Prodi Teknik Informatika Yulmaini, S.Kom., M.Cs., dan Sulyono, S.Kom., M.T.I. (**)

Loading