foto : Menpan RB menyebut PNS dan PPPK bisa dapat kenaikan pangkat dan karier lebih cepat. (menpan.go.id)

 

ASN , Korel.co.id — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas telah mengungkapkan strategi terkait kenaikan pangkat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pernyataan tersebut memberikan harapan baru bagi para PNS dan PPPK yang menginginkan percepatan dalam kenaikan pangkat mereka.

 

Menurut Anas, kenaikan pangkat ini diharapkan akan memberikan akselerasi pada karier para PNS dan PPPK yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Namun, kebijakan ini memiliki ketentuan khusus terutama berkaitan dengan lokasi penempatan kerja.

 

Hal ini sesuai dengan mandat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara yang menyatakan bahwa PNS dan PPPK memiliki kesetaraan dalam hak dan kewajiban mereka.

 

Menpan RB menegaskan bahwa dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Manajemen ASN yang sedang disusun oleh pemerintah, terdapat beberapa ketentuan khusus terkait dengan distribusi Aparatur Sipil Negara di seluruh wilayah, termasuk daerah-daerah yang terpinggirkan.

 

Menurut Anas, masih banyak ASN yang terpusat di kota-kota besar, sementara jumlah ASN di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) masih kurang. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk minimnya perhatian terhadap ASN di daerah 3T dan kesulitan akses yang mereka hadapi.

 

Oleh karena itu, pemerintah tengah merancang program untuk lebih memperhatikan ASN di daerah 3T, salah satunya dengan memberikan insentif khusus sebagai bentuk apresiasi.

 

Pernyataan Menpan RB ini menandakan komitmen pemerintah untuk memperbaiki distribusi ASN di seluruh wilayah Indonesia dan memberikan dukungan yang lebih besar kepada daerah-daerah terpencil.

Tak hanya itu, Menpan RB juga menyebut akan ada kenaikan pangkat yang lebih cepat.

“Bagi mereka (PNS PPPK) yang bertugas di 3T untuk waktu tertentu, mereka akan mendapat kenaikan pangkat dan karier yang lebih cepat, dan seterusnya,” kata Menpan Anas.

 

dikutip : https://www.klikpendidikan.id/news/35812215781/menpan-rb-pns-dan-pppk-bisa-dapat-kenaikan-pangkat-dan-karier-yang-lebih-cepat-asalkan

 

 

Loading