KALIANDA, Korel.co.id — Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-3 tingkat Kabupaten Lampung Selatan resmi dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan Isro’ Abdi di Aula Rajabasa Kantor Bupati Setempat, Senin (14/02/2022).

Kegiatan STQ yang bertujuan untuk mencari qari qariah terbaik untuk mewakili Kabupaten Lampung Selatan ke tingkat provinsi itu diikuti 255 peserta perwakilan dari 17 kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan yang telah menjalani serangkaian verifikasi dari panitia.

“Seleksi Tilawatil Qur’an dilaksanakan dari tanggal 14-17 Februari 2022 yang diikuti kafilah dari 17 kecamatan dengan jumlah peserta 255 orang,” terang Kepala Bagian Kesejahteran Rakyat Setdakab Lampung Selatan, DR. Firmansyah saat menyampaikan laporan kegiatan.

Lebih lanjut Firmansyah menjelaskan, dilaksanakannya kegiatan STQ ke-3 itu bertujuan sebagai syiar untuk lebih memasyarakatkan kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur’an.

Selain itu lanjut Firmansyah, diadakannya STQ itu juga sebagai sarana untuk menyeleksi qari qariah dan hafiz hafizah yang mempunyai prestasi untuk dipersiapkan, dibina, dan dilatih dalam rangka menghadapi MTQ ke-49 tingkat Provinsi Lampung tahun 2022.

“Insyaallah MTQ ke-49 akan dilaksanakan di Kabupaten Mesuji. Jadi, selain untuk seleksi, STQ ini juga sebagai ajang silaturahmi para kafilah se-Kabupaten Lampung Selatan dalam semangat Ukhuwah Islamiyah,” kata Firmansyah

Sementara, mewakili Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan Isro’ Abdi sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya kegiatan STQ ke-3 tersebut.

Dirinya berharap, melalui ajang itu akan terjaring para qari dan qariah berprestasi yang akan mewakili Kabupaten Lampung Selatan pada ajang Tilawatil Qur’an tingkat Provinsi Lampung.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta seleksi. Karena saudara-saudara semua termasuk orang yang terpilih untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an ke-3 tingkat Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Isro’ Abdi menyampaikan sambutan bupati.

Untuk itu, Isro’ Abdi juga berharap, seluruh peserta dapat memanfaatkan kesempatan seleksi itu sebagai momentum untuk meningkatkan kemampuan dalam mendalami Al-Qur’an.

Isro’ Abdi juga meminta, agar seluruh peserta dapat tampil dengan prima dan berusaha serta berjuang untuk menampilkan yang terbaik. Sehingga kedepan pada kegiatan MTQ ke-49 tingkat Provinsi Lampung dapat mengukir kembali prestasi sebagai juara umum.

“Seluruh peserta mempunyai kesempatan besar untuk terpilih, karena pastinya sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Selain itu, tentu setiap peserta yang terpilih nantinya akan mengharumkan nama daerah pada Tilawatil Qur’an tingkat provinsi,” katanya.

Baca : Mahasiswa Kampus The Best di Indonesia ini Juara Lomba Fotografi Nasional

Selain itu, Isro’ Abdi meminta agar ajang STQ ke-3 tingkat Kabupaten Lampung Selatan tahun 2022 itu dapat dijadikan sebagai salah satu syiar Islam.

“Melalui ajang ini, kita berikhtiar agar Al-Qur’an senantiasa diakrabi, dipelajari, dipahami dan diamalkan,” kata Isro’ Abdi.

Sementara itu, pelaksanaan STQ ke-3 tingkat Kabupaten Lampung Selatan yang mulai digelar pada Selasa, 15 Februari 2022 itu, terdiri dari beberapa cabang yang akan dilombakan.

Pertama, tanggal 15 Februari 2022, STQ dimulai dengan cabang perlombaan seleksi Tilawah Tartil Quran Putra Putri, Tilawah Anak Putra Putri, dan Tilawah Remaja Putra Putri bertempat di Gedung Olahraga Way Handak (GWH) Kalianda mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Lalu, Canet Putra Putri, Qiroat Mujawwad Putra Putri, dan Qiroat Murattal Remaja Putra Putri yag digelar di Aula Terbuka Kantor Kemenag Lampung Selatan mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Hafidz 1 Juz dan Tilawah Putra Putri, Hafidz 5 Juz dan Tilawah Putra Putri, dan Hafidz 10 Juz Putra Putri di Aula Tertutup Kantor Kemenag Lampung Selatan mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Kemudian ada lomba Hafalan 100 Hadits dengan Sanad Putra Putri, Hafalan 500 Hadits dengan Sanad Putra Putri, Tafsir Bahasa Arab Putra Putri, serta Tafsir Bahasa Indonesia Putra Putri yang dilaksanakan di MAN 1 Kalianda mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Serta cabang lomba Fahmil Quran, Syarhil Quran, MKQ (Khot) Semua Golongan Putra Putri, dan MMQ (Makalah) Putra Putri yang digelar di MAN 1 Kalianda mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Selanjutnya, pada Rabu, tanggal 16 Februari 2022, kegiatan STQ dilanjutkan dengan cabang perlombaan Qiroat Murattal Dewasa Putra Putri yang digelar di Aula Terbuka Kemenag Lampung Selatan yang dimulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Kemudian, cabang lomba Tilawah Dewasa Putra Putri di GWH Kalianda pukul 08.00-12.00 WIB. Serta cabang lomba Hafidz 20 Juz Putra Putri, Hafidz 30 Juz Putra Putri, dan Tafsir Bahasa Inggris Putra Putri yang digelar di MAN 1 Kalianda mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Lalu, pada tanggal 17 Februari 2022 pukul 13.30 WIB akan dilakukan penutupan acara secara resmi, serta penyerahan hadiah sekaligus pemulangan Kafilah. (MRA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.