Way Kanan, Korel.co.id — Bertempat di kediaman tokoh masyarakat, Widiyo Kuncoro, S.Sos, yang juga sebagai ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Way Kanan di Tiyuh Balak Pasar, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Lampung, Ir. H. Hanan A Rozak, M.S melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dengan pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA Kabupaten Way Kanan, pada Jumat (31/5/2024) sore.

Dalam kunjungan kali ini, disambut hangat oleh pengurus KTNA Kabupaten Way Kanan serta turut hadir juga sekretaris KTNA Provinsi Lampung, Jiwo, tokoh adat dan tokoh Masyarakat Kec. Baradatu, hadir pula Ketua-ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Kec. Baradatu.

Bacagub Hanan menyampaikan bahwa KTNA sebagai wadah para petani dan nelayan yang terkonsentrasi dalam kegiatan sosial ekonomi pada bidang pertanian, perikanan, dan kehutanan, berbudayakan agribisnis berbasis di pedesaan dan berwawasan lingkungan telah banyak menorehkan beragam program kerja dan kegiatan untuk menyokong pembangunan ekonomi.

Suasana diskusi santai pun terjadi dalam pertemuan silaturahmi tersebut, membahas seputar persoalan-persoalan dan harapan-harapan masyarakat petani di Kabupaten Way Kanan menyangkut sektor pertanian.

“Sudah menjadi tradisi saya dalam kunjungan selalu menyempatkan bertemu dengan tokoh-tokoh petani yang, silaturahmi ini diinisiasi dalam rangka membahas seputar persoalan-persoalan khusus di sektor pertanian”,

Kemudian, lanjut Beliau, “pertemuan ini guna mengukur juga tentang agenda-agenda bagaimana menjalankan program pertanian di Provinsi Lampung khususnya di Kabupaten Way Kanan, Alhamdulillah, karena saya di komisi IV DPR RI dengan tugas legislasi dan budgeting (anggaran) seyogyanya ada banyak program yang bisa disalurkan, sarananya tentunya melalui kunjungan-kunjungan ini”, kata Bacagub Hanan ditengah-tengah pengurus KTNA Kab. Way Kanan.

Selanjutnya Beliau menerangkan bagaimana terkait target-target produksi oleh Pemerintah yang dirasa kurang diperhatikan, harga dari hasil sektor pertanian petani saat ini, maka seputar harga hasil pertanian harus terus saya kawal, sebagai anggota Komisi IV DPR RI yang memang membidangi sektor pertanian, jadi terkait stabilitas harga hasil pertanian harus dicarikan solusi untuk menekan harga-harga tersebut, jadi bagaimana kita mengawal harga pokok penjualan (HPP) nya”, pungkas Beliau.

Ditambahkan oleh Bacagub Hanam bahwa, bagaimana beliau mencari solusi, agar pemerintah tidak impor hasil produksi pertanian, misalnya harga jagung naik, maka akan berdampak pada sektor lain seperti peternakan, karena jagung sebagai bahan utama makanan ternak, masalah-masalah harus dicarikan solusinya, kondisi sektor pertanian hari ini masih memprihatinkan, tentunya akan menjadi perhatian saya khusus kedepan”, jelas Bacagub Hanan yang juga sebagai Bupati Tulang Bawang periode 2012-2017.

Kemudian terkait persoalan pupuk, imbuh Beliau, “ada ketimpangan kebijakan dari pemerintah, dimana pemerintah saat ini menyiapkan subsidi pupuk sesuai kebutuhan petani, seharusnya anggaran subsidi pupuk ditingkatkan”, tutup Bacagub Hanan yang juga sebagai Ketua KTNA Provinsi Lampung.

Sementara, pengurus KTNA Way Kanan yang diwakili oleh Widiyo KTNA menyampaikan seputar keluhan dari petani, “persoalan utama terkait irigasi, hari ini petani masih mengalami permasalahan air pak, maka dari itu kami berharap kepada Bapak Hanan untuk mencarikan solusi menyangkut persoalan air tersebut, karena wilayah ini merupakan wilayah swasembada pangan awalnya, selain irigasi tidak terawat, debit air juga sangat kecil, sehingga aliran air hampir tidak ada pak, maka lahan pertanian berubah alih fungsi akibat tidak ada aliran air”, kata Pengurus KTNA.

Menjawab keluhan dan harapan dari para petani bacagub Hanan menyampaikan agar persoalan ini disampaikan secara tertulis, sehingga nanti akan Beliau bahas bersama pemerintah pusat melalui Kementerian.

Diakhir pertemuan Ketua KTNA Way Kanan Widiyo Kuncoro menegaskan bahwa pengurus KTNA di Kabupaten Way Kanan berkomitmen akan memenangkan Bacagub Hanan A Rozak dalam pemilihan Gubernur Lampung 2024 mendatang.

“Seluruh pengurus KTNA di Way Kanan berkomitmen untuk memberikan dukungan dan pilihan kepada Bapak Hanan A Rozak sebagai Bacagub dari Partai Golkar demi mewujudkan Provinsi Lampung MAJU (Modern, aman, jinawi dan unggul) dan masyarakat petani yang makmur dan sejahtera”, pungkas Widiyo.

Kemudian pertemuan ditutup dengan teriakan yel-yel Gubernur Lampung, Hanan A Rozak.

“Lampung, kata Widiyo,, seluruh pengurus KTNA Way Kanan pun sontak menjawab, “Maju”,

“Gubernur”, imbuh Widiyo, “Hanan”, timpal Pengurus KTNA “Hanan A Rozak, isoh kerjo, isoh dipercoyo”, teriak kompak seluruh pengurus KTNA bersama Bacagub Hanan. (*)

Loading