Mesuji, korel.co.id –Rencana pembangunan Masjid Agung dan wisata religi yang akan dibangun tepatnya di tengah_tengah bendungan Desa Wira Bangun Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji tetap membawa nilai-nilai seni kreatif adat yang ada di Mesuji seperti tempat bong diatas air . Rencana pembangunan Masjid Agung dan wisata religi tersebut masih menunggu lelang berjalan . Senin, 27 Januari 2020.

Sugih Wibowo sebagai Plt. kepala bidang kawasan permukiman Dinas PUPERKIM Kabupaten Mesuji mengatakan, pembangunan Masjid Agung dan wisata religi nantinya tetap kita mengadopsi nilai-nilai Filosofi Ciri khas asli Mesuji seperti : untuk cucian kaki kita buatkan bong di atas air supaya cuci kaki tinggal menggayuhkan dalam air. Ide ini timbul dari pemikiran Bapak PLt. Bupati Mesuji Bapak Saply Th. Kami tinggal nunggu lelang tayang Anatara bulan Februari hingga Maret dan saat ini ijin rekomendasi tata ruang sudah keluar .Kapasitas gedung masjid tersebut sangat banyak hingga bisa menampung kurang lebih 2000 orang dengan luas keseluruhan lokasi tanah mencapai sembilan hektare . Pembangunan gedung tersebut dibagi dengan dua lantai , lantai atas untuk kaum lelaki dan lantai bawah untuk kaum wanita .

Sugih menambahkan, gedung tersebut berbentuk segi lima artinya melambangkan rukun Islam . Ada menara setinggi tiga puluh meter berjumlah enam tiang melambangkan rukun iman . Pembangunan ini direncanakan dan ditargetkan bisa kelar di tahun 2021 ,karena diakhir tahun tersebut supaya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur,an). Harapan saya yang mengerjakan nanti benar_benar orang bonafit supaya kerjaan tepat waktu , harapnya .

 

Laporan wartawan Sunyoto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *