Korel.co.id
Tulang Bawang Barat – Dalam upaya untuk meperkuat pangan lokal bersekala Desa/Tiyuh Pemerintah Desa/Tiyuh Panaragan Jaya Indah Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melakukan pengadaan bibit pangan holtikultura yang berseumber dari Dana Desa tahun anggaran 2024. Kamis (11/07/2024)

Terdapat dua jenis bibit tanaman pangan holtikultura yang di berika kepada masyarakat yaitu bibit cabai dan bibit terong, Saat di wawancarai Kepala Pemerintah Desa/Tiyuh Panaragan Jaya Indah Moh. Ulin Nuha melalui Jurutulisnya (Sekdes.red) Winarji mengatakan bibit tanaman pangan holtikultura itu diberikan kepada seluruh kepala keluarga, dari nya diketahui Desa/Tiyuh Panaragan Jaya Indah itu terdiri dari 3 RK dan 10 RT.

“Kita berika kepada seluruh kepala keluarga yang ada di Tiyuh Kita, Masing-masing kepala keluarga diberikan 10 batang bibit cabai dan 10 batang bibit terong dan penyaluranya sudah dilaksanakan (Kamis, 04-juli-2023.red) melalui masing-masing kepala suku atau RK”. Kata Winarji mewakili Moh. Ulin Nuha Kepala Desa/Tiyuh Panaragan Jaya Indah saat diwawancarai.

Winarji mengatakan tujuan dipilihnya dua jenis tanaman pangan holtikultura itu dimaksudkan untuk memotivasi dan menginspirasi masyarakat agar dapat bersama-sama belajar membudidayakan tanaman pangan, sebagai bentuk keseriusannya Pemerintah Desa/Tiyuh Panaragan Jaya Indah juga memberikan Satu Kilogram pupuk NPK kepada 449 Kepala Keluarga.

“Kita berikan juga pupuk jenis NPK, masing-masing diberikan 1 Kg, tujuan agar masyarakat dapat betul-betul memahami dan mepelajarai cara membudidayakan tanaman itu sehingga dapat berkepanjutan, tujuannya tentu sesuai dengan harapan kita semua yaitu meringkan beban pengeluaran perekonomian.” Paparnya.

Winarji juga mengatakan bahwa pemberian bibit tanaman holtikultura itu murupakan salah satu kegiatan yang di anggarakan dari Dana Desa Panaragan Jaya Indah Tahun anggaran 2024 Tiyuh Panaragan Jaya Indah untuk mendukung program NENEMO (Nemen, Nedes, Nerimo), 3K (kebun, kolam, dan kandang), yang merupakan kegiatan impementasi dari upayan pengutan pangan berskala lokal Desa/Tiyuh

Dengan demikian, masih kata Winarji mewakili Moh. Ulin Nuha. Pemberian bibit beserta Pupuk itu merupakan hasil kesepakan muswarah masyarakat dengan LPM dan BPT yang kemudian direalisasikan oleh Pmerintah Desa/Tiyuh Panaragan Jaya Indah menggunakan Dana Desa Tahun Anggaran 2024.

Dirinya mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menopang ketahanan pangan dan memperkuat pengelolaan sumber daya pertanian masyarakat Desa/Tiyuh Panaragan Jaya Indah, Kepala wartawan Korel.co.id Pihaknya menegaskan bahwa kegiatan tersebut telah dirancang secara matang.

Disamping itu Kepala Pemerintah Desa/Tiyuh Panaragan Jaya Indah Moh Ulin Nuha melalui Jurutulisnya (Sekdes.red) Winarji berharap masyarakat dapat dengan serius melakukan pemeliharaan dalam membudidayakan bibit-bibit tersebut.

“Program ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mendukung kesejahteraan masyarakat melalui kemandirian pangan. Kami berharap dengan adanya program ini, masyarakat dapat memiliki akses lebih mudah terhadap bahan makanan sehat dan bergizi.” Paparnya. (Yoga)

Loading