Mesuji, Korel.co.id — Sekda Kabupaten Mesuji Syamsudin, S.Sos mewakili Penjabat Bupati Mesuji Drs.Sulpakar, MM menghadiri kegiatan acara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 di Alun Alun Simpang Pematang, Minggu ( 22/2/10/2023).

Dalam sambutan yang dibacakan Sekda Kabupaten Mesuji, menyampaikan bahwa di tetapkan Hari Santri Nasional Yaitu oleh Presiden Joko Widodo pada Tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta, Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat serta meneladani semangat jihad yang di lakukan para santri dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia yang selalu di gelorakan oleh para ulama di Penjuru Tanah Air.

“Ditetapkan Hari Santri Tanggal 22 Oktober merujuk pada suatu peristiwa penting dan bersejarah yaitu seruan yang dibacakan serta diucapkan lantang oleh Pahlawan Nasional KH.Hasyim Asy’ari tepatnya 22 Oktober 1945. Seruan itu berisi perintah kepada umat Islam untuk berperang dan berjihad melawan tentara sekutu yang ingin kembali menjajah wilayah Republik Indonesia pasca Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,”Kata Sekda.

Baca : Busri Mansyah Terjun Ke Dunia Politik dan Kontestasi Bacaleg DPRD Mesuji

Untuk itulah KH. Hasyim Asy’ari menyerukan dan menggelorakan peperangan melawan tentara sekutu tersebut dengan mengeluarkan fatwa “jihad fi Sabilillah dan resolusi jihad fi Sabilillah,” tambah Syamsudin.

Tema jihad Santri Jayakan Negeri yang kita angkat pada peringatan Hari Santri Tahun 2023 ini mengandung pesan kepada umat Islam di seluruh tanah air, jihad yang di maksud di sini bukanlah jihad dengan senjata tetapi, jihad dengan ilmu dan pengetahuan, Disiplin, kejujuran, pengabdian, para santri dengan semangat juang yang tidak di kenal, telah menjadi semangat tedepan di barisan para santri.

“Santri adalah harapan masa depan Negeri ini mereka belajar, mengajar dan membimbing dengan rasa penuh Tanggung Jawab dan mereka meneruskan tradisi intelektualitas Islam yang telah menginspirasi dunia selama berabad abad,” terang Syamsudin.

Baca : Luar biasa, Sat Narkoba Polres Tubaba Kembali Ungkap Kasus Penyalahgunaan Narkoba Jenis Sabu

“Jadi marilah kita semua merenungkan Pesan tema yang telah di buat, serta mendukung pesan santri dalam menyampaikan dan mewujudkan negeri yang lebih baik dengan ilmu serta pengabdian secara bersama sama untuk men jayakan Negeri dan menjadikannya tempat yang aman, damai dan tentram penuh dengan rasa cinta kasih.” Tutup Mantan Kadis Pendidikan Kabupaten Mesuji ini.

Hadir Dalam Kegiatan Tersebut Sekda Kabupaten Mesuji, Kepala Kemenag Kabupaten Mesuji, Ketua DPRD Kabupaten Mesuji, Pengasuh Pondok Pesantren Se Kabupaten Mesuji dan Tamu Undangan. ( Sunyoto )

Loading