Tulang Bawang Barat , Korel.co.id — Hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) belakangan ini dimanfaatkan secara baik oleh Kelompok Wanita Tani (KWT.red) Kencana Jaya Tiyuh Candra Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tubaba dengan melakukan penanaman sejumlah jenis tanaman pangan, Jumat (08/12/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh para kader PKK Kencana Jaya itu merupakan kegiatan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman atau dalam istilah pangan B2SA, adapun sejumlah jenis tanaman pangan tersebut yaitu Kacang panjang, Terong, Timun, Seledri, Buncis dan juga Kangkung.

“iya kita memanfaatkan lahan kosong yang ada di Tiyuh Candra Kencana ini dengan menanam tanaman pangan yang merupakan program B2SA di dua lokasi yang berbeda namun tetap berada dalam wilayah suku 4,” Kata Ibu Suparyati Ketua PKK Kencana Jaya.

Baca : Prodi Sistem Informasi Darmajaya Studi Banding ke Universitas Mercubuana

Suparyati menjelaskan bahwa program B2SA itu bertujuan untuk terwujudnya kedaulatan pangan masyarakat melalui ketersediaan produksi dan cadangan pangan, keterjangkauan pangan, konsumsi pangan dan gizi serta keamanan pangan berbasis bahan baku serta sumber daya dan kearifan pangan lokal.

“Kami PKK kencana jaya terus memberikan motivasi untuk menginspirasi masyarakat tentang pentingnya Konsumsi pangan lokal dan juga menyokong pelestarian keanekaragaman hayati dengan mendorong masyarakat untuk melindungi sumber pangannya, apalagi tanaman pangan yang jika kita kelola sendiri jelas terjaga kandungan Gizinya,” Ucapnya.

Dirinya berharap agar masyarakat khusus di wilayah Tiyuh Candra Kencana dapat terus meningkat pengelolaan lahan rumah tangga yang kosong agar dapat dimanfaatkan secara bijak lantaran B2SA merupakan program pangan nasional. (Yoga)

Loading