Bandarlampung, korel.co.id — Dewan Pengurus Wilayah Rumah Petani Nelayan Nusantara (RPNN) Provinsi Lampung melaksanakan kegiatan pelantikan pengurus DPW RPNN Lampung beserta pelantikan pengurus DPD RPNN Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung di Agropark Provinsi Lampung Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan pada Minggu (29/10/2023).

Pelantikan dihadiri oleh Ketua 1 Dewan Pengurus Pusat (DPP) RPNN Bapak Irwan Gunawan, S.P., M.M. yang juga membacakan SK Kepengurusan DPW RPNN Lampung dan DPD RPNN Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung sekaligus melantik.

Dalam sambutannya DPP RPNN pusat Bapak Irwan menyampaikan “Bahwa petani harus mampu berinovasi, memanfaatkan peluang yang ada. Dan anak-anak muda milenial juga harus mau jadi petani,”tuturnya.

Baca : Menyambut Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) MDMC wilayah lampung melaksanakan Bimbingan Teknis Fasilitator SPAB

Kegiatan juga dirangkai dengan penyampaian Keynote Speech oleh Ir. Hanan A. Rozak, M.S. Anggota DPR RI Sekaligus Ketua KTNA Provinsi Lampung. Bapak Hanan panggilan akrabnya, menyampaikan tentang Regulasi mencetak petani milenial, mewujudkan kedaulatan pangan. “Dimana saat ini sebanyak 61% petani di Indonesia berusia diatas 45 tahun, banyak generasi milenial yang menganggap profesi sebagai petani tidak keren. Padahal sekarang ini sangat diperlukan anak muda sebagai penerus pembangunan pertanian yang sejajar dengan kemajuan teknologi, sehingga anak milenial harus bisa berinovasi,” ungkapnya.

Diskusi terbuka menjadi bagian penting dari kegiatan ini, dengan menghadirkan Narusumber yang berkompeten di bidangnya. Hadir narasumber pertama Bapak Ir. Khairul Amri, M.E.P dari Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung. Narasumber kedua Bapak Ahmad Suryanto, S.T.P., M.P. dari Balai Pelatihan Pertanian Provinsi Lampung. Dan Narasumber ketiga Bapak Adi Candra Saputra, S.Tr.P. selaku praktisi sekaligus petani milenial. Ketiga narasumber berbicara di depan semua peserta diskusi dengan mengusung tema “Mencetak Petani Milenial Dalam Bonus Demografi, Mewujudkan Kedaulatan Pangan”.

Aep selaku Ketua DPW RPNN menyampaikan “RPNN harus bisa menjadikan petani dan nelayan sebagai aktor pembangunan, yaitu dengan cara RPNN terus melakukan pembinaan dan pemberdayaan kepada petani nelayan, karena ketika petani bisa berdaya maka dia bisa menjadi aktor pembangunan,” terangnya.

Baca : Peringati Bulan PRB , Rakerwil LRB MDMC Lampung ‘Meningkatkan Kesiagaan dan Kolaborasi Untuk Memperkuat Resiliensi Bencana’.

Aep juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mensukseskan acara ini “Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mensukseskan acara
ini, terkhusus untuk narasumber yang sudah hadir. Dan juga untuk stakholder yang sudah mensukseskan acara Pelantikan RPNN, dan seluruh pengurus RPNN Lampung bersama DPD RPNN Kabupaten/Kota kami siap bersama petani dan nelayan untuk Lampung dan Indonesia berdaya,” ucapnya. (suci)

Loading

One thought on “RPNN Lampung Dilantik, Siap Berdayakan Petani Nelayan”

Comments are closed.