Serang , Korel.co.id — Polda Banten menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila bertempat di lapangan apel Polda Banten pada Sabtu (01/06/2024).

Kegiatan di pimpin Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol H. M. Sabilul Alif serta PJU Polda Banten dan diikuti seluruh personel Polda Banten.

Dalam amanatnya Kapolda Banten mengatakan bahwa hari ini seluruh personel Polda Banten menggelar upacara hari Lahir Pancasila. “Pada hari ini 1 Juni 2024, kita
memperingati hari lahir Pancasila dimana hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator kemerdekaan Bapak pendiri Bangsa pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 didepan sidang penyelidik usaha-usaha persiapan kemerdekaan (BPUPK),” katanya.

Baca : IIB Darmajaya – BRI Gelar Campus Hiring, Ini Kata Alumni

Abdul Karim menjelaskan tema dari perayaan hari lahir Pancasila tahun 2024. “Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” jelasnya.

Kapolda menuturkan bahwa kita harus bersyukur dengan adanya nilai-nilai Pancasila. “Patut kita syukuri sebagai bangsa yang maju, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa,” tuturnya.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan YME untuk bangsa Indonesia, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjungjung tinggi nilai-nilai implusifitas, toleransi dan gotong royong, beragam yang ada merupakan berkat yang dilanjut dalam identitas nasional yaitu Bhineka Tunggal Ika,” tambahnya.

Baca : Konser Musik di Way Kanan, Dihadapan Ribuan Warga Bacagub Hanan Berkomitmen

Kapolda Banten menjelaskan dirinya mengajak komponen bangsa di manapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan masyarakat. “Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di manapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara, sebagai media statis Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi berbagai gelombang, tantangan dan ujian sejarah sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” jelasnya.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja dan dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” tambahnya.

Abdul Karim mengatakan Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi pada masa depan. “Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia, Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi pada masa depan,” katanya.

“Saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengutamakan Pancasila dengan metode dan cara kekinian dalam menyinggung bonus demografi yang menempatkan kaum milenial dan gen Z sebagai pelaku utama pembangunan Bangsa,” tambahnya.

Baca : Kepemimpinan Sekolah

Abdul Karim yakin semua tantangan akan dihadapi dan diatasi. “Dengan semangat Pancasila yang kuat saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi,” ujarnya.

Kapolda Banten mengajak untuk bersama merawat anugerah Pancasila. “Kami ngajak seluruh untuk bersama untuk merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hari Lahir Pancasila, kita harus berkolaborasi dengan mewujudkan keutuhan dan nilai Pancasila,” ajaknya.

“Semoga hari lahir Pancasila ini dapat memompa semangat semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia adil, makmur dan berwibawa dikanca dunia,” tutupnya (Bidhumas).

Loading