BANDARLAMPUNG , Korel.co.id — Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) bersama Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Digital Talent Scholarship – Vocational School Graduate Academy (DTS – VSGA) gelombang 5 digelar secara daring pada 20 Mei – 3 Juni 2024.

VSGA dilaksanakan secara daring dengan skema meliputi Asociate Data Scientist, Junior Graphic Designer, Junior Network Administrator, Operator Komputer Madya, Teknisi Utama Jaringan Komputer, dan Video Editor. VSGA diikuti 409 peserta yang sebelumnya telah diseleksi dari 500 pendaftar.

Pembukaan VSGA dilakukan oleh Kepala BPPTIK Kemenkominfo Hamdani Pratama, S.H., M.I.Kom. yang juga dihadiri Rektor IIB Darmajaya RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D. Hadir juga Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I.; Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. Muhammad Said Hasibuan, M.Kom.; Ketua Prodi Bisnis Digital M. Ariza Eka Yusendra, S.P., M.M.; Ketua Prodi Akuntansi Dedi Putra, S.E., M.S.Ak.; dan dosen IIB Darmajaya.

Ketua Pelaksana Dr. Muhammad Said Hasibuan, M.Kom., mengatakan bahwa pelaksanaan DTS VSGA gelombang 5 merupakan implementasi kerjasama setelah dilakukannya MoU BPPTIK dengan IIB Darmajaya. “DTS VSGA gelombang 5 juga banyak diikuti mahasiswa IIB Darmajaya. Dari total jumlah peserta sebanyak 57 persen merupakan mahasiswa Darmajaya,” ungkap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Masih kata dia, peserta DTS VSGA gelombang 5 yang lulus dapat mengikuti sertifikasi secara luring pada 11 – 12 Juni 2024 di IIB Darmajaya. “Sertifikasi yang lulus dapat diklaim menjadi nilai mata kuliah untuk mahasiswa Darmajaya,” ujarnya.

Doktor lulusan UGM ini menuturkan bahwa pelatihan dan sertifikasi yang dibuka merupakan pelatihan dan sertifikasi berbasis okupasi nasional yang tercantum dalam peta okupasi nasional dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada area fungsi TIK. ”Kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah dan meningkatkan wawasan dari peserta pada umumnya dan mahasiswa IIB Darmajaya khususnya,” tutupnya. (**)

Loading