Pesawaran , Korel.co.id — Lingkungan menjadi salah satu isu kegiatan yang dilakukan oleh Universitas Bandar Lampung (UBL) dalam rangka Dies Natalis ke 50 tahun. Bekerjasama dengan Brigade Infanteri Marinir 4/Berdiri Sendiri (Brigif 4 Mar/BS), UBL berupaya memulihkan ekosistem dengan menanam sebanyak 5018 pohon yang dipusatkan dipinggir pantai Marines Eco Park, Brigif 4 Mar/BS, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Jumat (12/02/2022).

Komandan Brigif 4 Mar/BS, Kolonel Marinir Harry Indarto, SE, MM dalam sambutannya menjelaskan makna angka 5018 pohon yang akan ditanam. “Bibit pohon yang kita siapkan pada hari ini sebanyak 5018 yaitu 2000 pohon mangrove, alpukat 1363, durian 720, mangga 375, nangka 220, kelengkeng 200, jambu citra 140, kalo kita jumlahkan jadi 5018. Angka 50 berarti Dies Natalis ke 50 UBL dan 18 nya adalah hari ulang tahun Brigif 4 Mar/BS,” ungkap Harry.

“Hari ini kita bersama berupaya untuk mempertahankan ekosistem yang ada dilaut dan sekitarnya untuk generasi penerus bangsa yang akan menikmatinya dimasa mendatang,

Baca juga : Frustasi , Paimin Nekat Akhiri Hidup Dengan Gantung Diri

ini juga merupakan rangkaian hari ulang tahun Brigif 4 Mar/BS disamping beberapa kegiatan lainnya seperti bedah rumah, bedah sekolahan, bakti sosial, donor darah dan vaksin masal. Semoga dengan kegiatan penanaman ini kita mendapatkan manfaat, karena banyak pantai saat ini mengalami kerusakan seperti abrasi, dan tugas kita bersama untuk memperbaikinya, terima kasih kepada UBL atas kerjasama ini, selamat ulang tahun ke 50,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor UBL diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr. Ir. Hery Riyanto, MT mengapresiasi kegiatan bersama ini. “Banyak hal yang sudah kita lakukan dengan Brigif salah satunya membantu desain garasi sea riders dan hari ini kita kembali bersama melakukan penanaman pohon untuk pemulihan ekosistem, terutama mangrove. Kita berharap suatu saat tempat ini akan menjadi objek wisata hutan mangrove sekaligus pengaman pantai dari abrasi. Tahun ini, banyak kegiatan juga kami lakukan dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis UBL ke 50 yang mengambil tema Growing (berkembang), Shinning (bersinar) dan Winning (pemenang) seperti sosial, akademik dan puncak perayaan pada tanggal 9 Juni nanti,” pungkas Hery.

Sekitar 200an orang terlibat aktif dalam kegiatan penanaman pohon ini yang terdiri dari para dekan, dosen, mahasiswa, anggota marinir dan juga kelompok tani dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Rilis, UBL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.