Foto : Ketua DPRD Kota Metro Tondi MG Nasution

 

Kota Metro , Korel.co.id — Tondi MG Nasution, Ketua DPRD Kota Metro, menyoroti pungutan uang terhadap pedagang kuliner Senja Ramadhan di Pasar Cendrawasih. Menurutnya, pungutan sebesar Rp. 100 ribu tersebut tidak sesuai dengan regulasi yang berlaku, tanpa terkecuali.

Pemerintah Kota Metro seharusnya memberikan seluruh sarana dan prasarana secara gratis kepada pedagang untuk memperkuat ekonomi lokal. Tondi menegaskan bahwa kebijakan ini merupakan langkah awal untuk menghidupkan kembali pasar Cendrawasih sebagai pusat kuliner yang ramai di Kota Metro.

“Sebenarnya sudah disampaikan oleh Pak Wali Kota bahwa digratiskan  saja,karena itu masih perdana mulai. Nanti jika sudah ramai, atau tahun berikutnya ya bolehlah,” kata Tondi menanggapi keluhan para pedagang yang ditarik uang saat akan berjualan disana, Kamis (14/03/2024).

wali kota metro resmikan wisata kuliner senja ramadhan di lantai 2 pasar cendrawasih

Tondi menyebutkan upaya pemerintah memberikan fasilitas tersebut gratis kepada pedagang sebagai langkah menarik amino masyarakat untuk bertransaksi di bulan Ramadhan yang suci. “ Kita baru untuk pertama kali , memancing animo pedagang dan animo masyarakat untuk masuk ke pasar Cendrawasih,” ucapnya.

Baca : Bhabinkamtibmas Polsek Cengkareng Sambangi Toko Emas untuk Antisipasi Aksi Kriminal di Bulan Ramadhan

Tondi mengaku sepakat dengan pernyataan Wali kota Metro Wahdi terkait fasilitas Gratis yang diberikan kepada pedagang wisata kuliner senja Ramadhan Lantai 2 Pasar Cendrawasih. Jika penarikan uang Rp.100ribu berdalih untuk kebersihan dan layanan lain, pihaknya dapat mendorong menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Metro.

“ Ya kita setuju apa yang disampaikan Pak Wali Kota. Kita gratiskan dan terkait masalah kebersihan serta yang lainnya kan bisa dibebankan ke APBD saja. Ini kan hanya untuk satu bulan ini saja, jadi tidak ada masalah lah,” imbuhnya.

Tondi juga meminta Pemkot Metro melakukan evaluasi atas persoalan penarikan uang Rp. 100ribu yang dibebankan kepada pedagang wisata kuliner senja Ramadhan di lantai 2 pasar cendrawasih. “ Hal ini akan menjadi bahan evaluasi bagi dinas terkait. Kita ikuti saja apa yang sudah menjadi arahan Bapak Wali Kota pada saat pembukaan,jika digratiskan maka digratiskan saja,” Tegasnya.

baca : Menghargai Keutamaan Ramadhan: Kesempatan Emas untuk Mendekatkan Diri kepada Allah

Untuk itu, Tondi menekankan perlunya kolaborasi dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan minat kunjungan masyarakat ke wisata kuliner senja Ramadhan di lantai 2 pasar Cendrawasih. “Harus ada kolaborasi bukan hanya Dinas Perdagangan saja maka semua harus bertanggung jawab,”katanya. (ADV)

 

Foto 2 : wali kota metro resmikan wisata kuliner senja ramadhan di lantai 2 pasar cendrawasih

Loading