Foto : Puluhan pelajar kelas XI SMK Al-Basyari Sendangagung, Lampung Tengah, belajar Internet of Things (IoT), di Co Working Space Darmajaya Society Center (DSC) Lantai 3

 

Bandarlampung , Korel.co.id — Puluhan pelajar kelas XI SMK Al-Basyari Sendangagung, Lampung Tengah, belajar Internet of Things (IoT), di Co Working Space Darmajaya Society Center (DSC) Lantai 3, Sabtu (13/1/2024).

Kunjungan industri puluhan pelajar ke perguruan tinggi terbaik di Lampung tersebut dipimpin Kepala SMK Al-Basyari Prastowo, M.Pd. Rombongan diterima Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. M. Said Hasibuan, M. Kom., didampingi Ketua Prodi Sistem Komputer Novi Herawadi Sudibyo, S.Kom., M.T.I.

Dalam kunjungan itu juga dilakukan penandatanganan MoU antara kedua institusi dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan dilakukan Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. M. Said Hasibuan, M.Kom. dengan Kepala SMK Al-Basyari Prastowo, M.Pd.

Dalam sambutannya, Kepala SMK Al-Basyari Prastowo menyampaikan terima kasih atas diterimanya dalam kunjungan tersebut. “Siswa dan siswi ini diharapkan dapat banyak belajar dan mendapatkan ilmu dari kunjungan ini,” ungkap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

baca : Letusan Gunung Berapi Islandia Menumpahkan Lava Ke Kota Dan Membakar Rumah-Rumah

Menurut dia, dengan kunjungan ini juga pelajar SMK Al-Basyari memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah. “Semoga juga dari kunjungan ini siswa dan siswii tidak hanya banyak mendapatkan wawasan tetapi dapat mendaftar kuliah di IIB Darmajaya tahun depan,” imbuhnya.

Sementara, Dekan Fakultas Ilmu Komputer M. Said Hasibuan mengatakan IIB Darmajaya memiliki tiga fakultas yakni Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Desain, Hukum, dan Pariwisata. “Untuk Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari Prodi Teknik Informatika, Prodi Sistem Informasi, Prodi Sistem Komputer, Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, dan Prodi Sains Data,” ucapnya.

Teknologi yang berkembang saat ini, lanjut dia, pembelajaran di IIB Darmajaya jmengikuti era disrupsi teknologi. “Pemanfaatan Smart System, Internet of Things juga dapat dipelajari di Prodi Sistem Komputer. Dimana semua dapat dioperasikan dengan pemanfaatan IoT. Kami juga punya smart farming yang berada di atas perpustakaan,” ungkapnya.

Selain itu, Doktor lulusan UGM ini juga menerangkan IIB Darmajaya juga membuka pendaftaran kuliah khusus untuk calon mahasiswa yang telah bekerja melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). “Pengalaman kerja akan diakui dari SKS yang diambil. Untuk Sarjana bisa ditempuh dalam waktu dua tahun dan S2 dapat diselesaikan dalam waktu satu tahun,” tutupnya.

baca : Timnas AMIN Bekali Pelatihan IT Bagi Relawan Dan Saksi

Dalam kesempatan itu, Ketua Prodi Sistem Komputer Novi Herawadi Sudibyo menjelaskan mengenai keunggulan prodi yang memiliki tiga konsentrasi salah satunya IoT. Selain itu, puluhan pelajar juga menyempatkan untuk mencoba karya mahasiswa Prodi Sistem Komputer yakni game challenge, miniatur smart farming, dan lain sebagainya. (**)

Loading