Bandar Lampung , Korel.co.id – Universitas Bandar Lampung kembali menambah program studi (prodi) terakreditasi UNGGUL yaitu prodi Manajemen program Sarjana (S1) setelah mendapatkan penetapan Surat Keputusan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) Nomor 701/DE/A.5/AR.10/IX/2023 yang ditetapkan di Jakarta dan mulai berlaku pada 08 September 2023 hingga 08 September 2028. Penetapan akreditasi UNGGUL prodi Manajemen ini menyusul prodi Teknik Sipil UBL yang sebelumnya juga mendapatkan akreditasi yang sama. Selain itu prodi Manajemen S1 dan S2 (Magister Manajemen) UBL juga sudah mendapatkan akreditasi internasional dari Higher Education Evaluation and Accreditation Council of Taiwan (HEEACT), sebuah lembaga akreditasi internasional terkemuka asal Taiwan.

Menanggapi hal ini Rektor UBL, Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman menyambut baik akreditasi dengan peringkat tertinggi dari LAMEMBA yang menjadi pencapaian maksimal dalam mengukur mutu kualitas layanan pendidikan diberikan oleh UBL. “Alhamdulillah saya ucapkan selamat dan sukses kepada prodi Manajemen yang sudah meraih prestasi akreditasi UNGGUL sesuai dengan harapan kita semua sivitas akademika UBL. Penetapan akreditasi UNGGUL ini merupakan pengakuan terhadap kualitas mutu layanan pendidikan di prodi Manajemen UBL. Tentu saja prosesnya tidaklah mudah, mengingat selain harus melampaui Standard Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan melampaui rencana strategis, juga harus berdaya saing internasional seperti luaran publikasi penelitian dosen, dan mahasiswa di jurnal internasional bereputasi, sarana prasarana yang berstandar internasional, serta kurikulum yang berstandar internasional,” terang Prof Yusuf saat diwawancarai via WhatsApp, Kamis (14/09/2023).

Baca : 48 KPM Warga Pekon Sidodadi Terima BLT-DD Peratin prayitno Himbau Manfaatkan Bantuan Sebaik Mungkin

Prof Yusuf juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua tim akreditasi prodi dan semua pihak yang terlibat dalam proses akreditasi ini.“Saya ucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ketua Prodi Manajamen, para dosen, alumni, pengguna alumni, dan semua pihak yang telah luar biasa bekerja keras dan kompak selama proses akreditasi sehingga kita bisa memperoleh peringkat Akreditasi Unggul. Pencapaian ini menjadikan prodi Manajemen UBL yang pertama dan satu satunya prodi PTS se Sumbagsel yang mendapatkan akreditasi UNGGUL. Semoga menjadi berkah bagi peningkatan SDM di bidang Manajemen di Indonesia, khususnya Lampung,” tutupnya.

Sebagai informasi, akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) kelayakan dan mutu perguruan tinggi. Dikutip dari Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2022, akreditasi kampus menggunakan nilai A, B, dan C sebelum 1 Oktober 2018 untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dan sebelum 1 April 2019 untuk Akreditasi Program Studi (APS), dengan menggunakan penilaian tujuh standar. Setelah instrumen akreditasi berubah menjadi Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0) dan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0 (IAPT 3.0), maka nilai akreditasi pun berganti menjadi Unggul, Baik Sekali dan Baik.

Loading