foto : manfaat kurma saat berpuasa

Jakarta , Korel.co.id — Bulan Ramadan masuk pada Hari ke 2 Rmadhan , umat Muslim siap untuk menjalankan kewajiban puasa. Saat memasuki bulan penuh berkah ini, pola makan umumnya mengalami perubahan signifikan. Di waktu normal, mungkin kita terbiasa makan tiga kali sehari, namun selama puasa, makanan hanya dikonsumsi dua kali dengan jarak waktu yang cukup jauh di antara keduanya.

Hal ini membuat pentingnya memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi selama waktu berbuka dan sahur. Salah satu makanan yang dianjurkan untuk berbuka adalah kurma, karena kandungan gula alaminya memberikan energi yang cepat. Kurma tidak hanya memberikan manfaat energi, tetapi juga kaya akan nutrisi penting lainnya.

Dilansir dari sumber yang dihimpun, buah kurma mengandung berbagai nutrisi penting seperti kalori, lemak, karbohidrat, protein, serat, vitamin B6, serta mineral seperti zat besi, magnesium, dan potasium. Rasanya yang manis berasal dari gula alami yang dikandungnya.

Meskipun kandungan gulanya cukup tinggi, kurma tidak menghasilkan peningkatan gula darah yang signifikan. Studi terbaru menunjukkan bahwa kurma memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh orang dengan atau tanpa kondisi diabetes. Dengan demikian, kurma menjadi pilihan makanan yang tepat untuk berbuka puasa, memberikan nutrisi yang diperlukan tanpa menyebabkan lonjakan gula darah yang berlebihan.

Nah, berikut manfaat mengonsumsi kurma saat berbuka puasa, yaitu:

Sumber Energi yang Baik

Setelah berpuasa sehari penuh, tubuh akan terasa lelah dan capek, terlebih dengan aktivitas yang terbilang padat. Siapa sangka, berdasarkan studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition menyebutkan bahwa mengonsumsi kurma bisa membantu kamu mendapatkan kembali energi yang telah hilang selama beraktivitas.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Dilansir dari Neural Regeneration Research, kurma memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif dan peradangan pada otak. Buah ini adalah sumber serat dan makanan yang baik serta kaya akan antioksidan alami yang membantu memperlambat perkembangan penyakit demensia dan Alzheimer.

Meringankan Gangguan Pencernaan

Tidak hanya meningkatkan kesehatan otak, kandungan serat dan asam amino yang terdapat pada kurma membantu merangsang pencernaan makanan dan memastikan prosesnya berlangsung optimal. Serat ini juga membantu meringankan kondisi gangguan saluran cerna, termasuk GERD, wasir, dan divertikulitis.

Mencegah Penyakit Jantung

Ternyata, manfaat kurma bisa mencegah dari bahaya penyakit jantung. Pasalnya, buah ini membantu mengurangi kadar trigliserida dan stres oksidatif yang menjadi faktor utama risiko terjadinya penyakit jantung dan atherogenesis atau penumpukan plak lemak pada arteri. Kandungan antioksidan dan phytochemicalnya juga dapat mengurangi risiko terjadinya stroke dan gangguan jantung.

Meringankan Anemia

Kurma menjadi makanan dengan sumber nutrisi yang baik, salah satunya adalah kandungan zat besinya yang tinggi. Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan terjadinya anemia yang ditandai dengan kelelahan, pusing, hingga kulit yang memucat. Konsumsi kurma disinyalir mampu meringankan gejala anemia yang kamu alami.

 

Lansir : https://www.halodoc.com/artikel/ini-manfaat-kurma-untuk-berbuka-puasa

 

Loading