LAMPUNG SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC Award) dari BPJS Kesehatan.

Penghargaan itu diberikan, karena kabupaten yang dipimpin Bupati Nanang Ermanto, dinilai memiliki komitmen tinggi terhadap kualitas kesehatan masyarakatnya.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan, Pemkab Lampung Selatan sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2022.

Diketahui, terhitung 1 September 2022, sebanyak 1.023.968 jiwa penduduk Kabupaten Lampung Selatan telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 1.073.867 jiwa atau sebesar 95,35%.

Capaian itu mengantarkan Kabupaten Lampung Selatan untuk mencapai penghargaan Universal Health Coverage (UHC Award) dari BPJS Kesehatan Pusat.

Sementara, penghargaan diserahkan Deputi Direksi BPJS Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung Lisa Nurena kepada Bupati Kabupaten Lampung Selatan Nanang Ermanto di Aula Sebuku, rumah dinas bupati Lampung Selatan, Rabu 14-September-2022.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyampaikan apresiasi dan mendukung penuh Program UHC. Sebab kata Nanang, UHC adalah sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga masyarakat terjamin, khususnya masyarakat Lampung Selatan.

“Saya mengimbau kepada seluruh camat dan UPT Kesehatan untuk tetap semangat melakukan pelayanan kesehatan meski ditengah kondisi inflasi saat ini. Jangan sampai capaian yang sudah baik ini tidak didukung dengan pelayanan yang baik juga,” ungkapnya.

Nanang menyampaikan, bahwa Kabupaten Lampung Selatan sebagai kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Provinsi Lampung telah membuktikan keseriusan dalam mencapai target UHC.

Hal itu kata Nanang, menjadi bukti nyata kebersamaan dan gotong-royong yang terintegrasi antara Perangkat Daerah, sehingga UHC di Kabupaten Lampung Selatan dapat tercapai.

“Semua ini adalah komitmen pemerintah daerah, menjadikan program UHC sebagai kepastian Jaminan Kesehatan Masyarakat. Maka kita patut berbangga karena baru Kabupaten Lampung Selatan yang berhasil membuka program UHC untuk kriteria Kabupaten dengan jumlah penduduk besar,” kata Nanang.

Tinggalkan Balasan