Lampung Timur , Korel.co.id – Pada Saat Pembukaan Festival Taman Nasional Way Kambas (TNWK) ke-19 Kemarin diwarnai dengan peristiwa kebakaran hutan TNWK di Seksi I, Resot Rawa Bunder Yang Cukup Parah Akibat Kemarau , Sabtu (09/11/2019).

Humas Balai TNWK, Sukatmoko mengatakan, Terjadi Kebakaran dan api belum bisa dipadamkan hingga pukul 15.00 WIB. Kebakaran terjadi sejak empat hari lalu melalap semak alang-alang. “Kemungkinan ada titik api yang benar benar belum padam dan hari ini api membesar,” ujar Sukatmoko.

Untuk mematikan api itu, dikatakannya TNWK telah mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran dengan kapasitas 5 ribu liter dan berharap mendapatkan bantuan dari pemadam kebakaran untuk Pembukaan Festival Way Kambas Sampai Penutupan Guna Menjaga Kenyamanan Pengunjung.

“Luas kebakaran hingga sore ini belum bisa dikalkulasi, saat ini Polhut dan mitra TNWK berusaha memadamkan api,” kata dia.

Sementara itu, dalam sambutannya saat membuka festival TNWK, Bupati Lampung Timur, Zaiful Bukhari menegaskan, bahwa hutan TNWK yang luasnya 1.125 hektar tersebut memiliki beragam satwa, dan hutannya merupakan paru-paru dunia yang harus dijaga terutama soal kebakaran.

Zaiful juga mewanti-wanti agar pengunjung TNWK tidak sembarang membuang puntung rokok, sebab semua semak yang ada di sekitaran Pusat Latihan Gajah (PKG) dalam kondisi kering. “Ini perlu di perhatikan oleh pengunjung agar tidak terjadi kebakaran,” kata Zaiful.

(Rilis Humas TNWK)
Editor : Ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *