Laporan Wartawan – Isma

Jawa Timur, Korel.co.id – Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana Universitas Negeri Malang (HIMMPAS UM) menyelenggarakan agenda tahunan yakni Short Training V dengan mengangkat tema “Kupas Tuntas Tips dan Trik Tembus Publikasi Internasional Bereputasi”. Pelatihan yang diikuti oleh 97 peserta tersebut dilaksanakan di gedung H3 Pascasarjana UM pada Minggu,29 September 2019.

Narasumber yang diundang merupakan ketua dan staf tim Percepatan Publikasi Internasional UM yakni Dr. Ahmad Taufiq, S.Pd., M.Si. dan Dr. Sunaryono, S.Pd., M.Si.

Dias Setyawan, S.Pd., selaku ketua HIMMPAS menjelaskan bahwa agenda ini diikuti oleh mahasiswa pascasarjana UM mapun mahasiswa luar UM. Dari 97 peserta terdapat 13 peserta yang berasal dari kampus lain Kota Malang maupun Surabaya. Ia menambahkan bahwa pelatihan ini penting untuk mendukung dan memberikan bekal kepada mahasiswa pascasarjana yang notabene memiliki beban yaitu mempunyai jejak akademik berupa publikasi ilmah tingkat internasional. Bahkan, mahasiswa doktoral UM tidak akan bisa mengambil ijazah jika belum memiliki publikasi artikel internasional yang terindeks Scopus maupun indeks bereputasi lainnya.

“Sudah lima tahun kegiatan ini dilaksanakan, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Dengan mempublikasikan karya kita, insyaallah manfaat kita tidak akan berhenti meskipun jasad kita telah terkubur dalam tanah. Saya menyambut gembira pelatihan ini, semoga dapat menginspirasi kita semua,” ujar Dr. Abdur Rahman Azhari, S.Pd., MA., selaku pembina HIMMPAS UM sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Dr. Ahmad Taufiq membuka materinya dengan pembahasan kriteria-kriteria Jurnal Internasional. Selanjutnya mengenai alur pengumpulan artikel untuk publikasi internasional. Tidak hanya itu, Ia juga membahas mengenai jurnal predator yang akhir-akhir ini meresahkan banyak pihak khususnya para akademisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *