Foto : Pejabat pemerintah ungkap hal ini soal kabar tidak diprioritaskannya fresh graduate dalam CPNS 2024 (setkab.go.id)

 

Pendidikan, Korel.co.id — Dalam konteks pendaftaran CPNS 2024, pandangan pejabat pemerintah mengenai posisi fresh graduate menjadi perdebatan hangat. Beberapa pejabat menyatakan bahwa mereka mungkin tidak mendapat prioritas yang sama dalam proses pendaftaran, mengundang perhatian publik terhadap proses seleksi yang berkelanjutan.

Sementara itu, argumen yang dikemukakan oleh pejabat pemerintah menyoroti dinamika dan kebijakan yang mendasari proses pendaftaran CPNS. Klarifikasi ini menciptakan diskusi lebih lanjut tentang pemerataan peluang bagi semua calon peserta, termasuk fresh graduate, dalam memperoleh posisi dalam layanan publik.

Seperti diketahui bahwa UU ASN No 20 Tahun 2023 menyatakan bahwa pengangkatan honorer menjadi ASN sudah harus selesai maksimal akhir tahun 2024.

Oleh karena itu, banyak pihak yang mungkin berpikir bahwa pendaftaran CPNS tahun ini akan lebih memprioritaskan tenaga honorer dibandingkan fresh graduate.

Terkait itu, Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menyampaikan bahwa pengangkatan honorer yang sudah lama mengabdi memang menjadi utang yang harus segera dibayar oleh negara.

baca : Ambisi Berbahaya di Diplomasi Global: Putin di Ukraina dan Klaim Xi terhadap Taiwan

“Orang yang sudah lama mengabdi, contoh K2. Saya berharap K2 itu (diangkat karena) janji pemerintah. Kalau janji itu utang, utang harus dibayar,” katanya.

Meski honorer seakan lebih diprioritaskan, tapi pemerintah rupanya juga tetap tidak melupakan para fresh graduate.

Kabarnya, pemerintah bahkan tengah mempersiapkan sekitar 200.000 formasi khusus untuk para lulusan baru tersebut.

Terkait ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas buka suara.

Terkait ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas buka suara.

baca : Adik Prabowo Ungkap Sang Kakak Memiliki Calon Ibu Negara Lain: Bukan Titiek, Namun Nama Lain yang Tersirat

Pasalnya, ASN yang nantinya ditempatkan di IKN harus siap menghadapi birokrasi yang lebih transparan dan cepat untuk mendukung Indonesia menuju era emas.

Hal itu pun dinilai dapat dipenuhi oleh para pelamar fresh graduate.

Maka, para lulusan baru tidak perlu kecewa dan harus tetap optimis untuk menghadapi pendaftaran CPNS tahun ini.

Demikianlah informasi untuk menjawab kekhawatiran soal kabar fresh graduate yang konon tidak jadi prioritas dalam CPNS 2024.

 

Sumber : https://www.klikpendidikan.id/news/35811981044/benarkah-fresh-graduate-tidak-jadi-prioritas-dalam-pendaftaran-cpns-2024-ini-kata-pejabat-pemerintah?page=2

 

 

 

Loading