Tulang Bawang Barat , Korel.co.id — Pembangunan jalan onderlaght di Tiyuh Mulya Jaya Kecamatan Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2023 dibangun menggunakan material batu yang di pecah sendiri di lokasi.

 

Hal itu diketahui bedarsarkan keterangan dari Jurutulis Tiyuh Mulya Jaya Ali Muhtarudin dan Candra Kaur Keuangan Tiyuh setempat, Ali menceritakan bahwa pembangunan jalan onderlaght tersebut menggunakan menggunakan material Batu dan Pasir.

 

“Batu nya kita mecah sendiri karena memang kita gak pernah beli batu yang pas, kalau pasir ya dari warga sekitar.” Ucapnya Jumat (28-06-2024)

 

Kendati mengaku lupa Ali dan Candra masih masih masih mengingat jelas bahwa material pembangunan Jalan Onderpaght tersebut dipesan langsung oleh Kepala Tiyuh Mulya Jaya Bapak Imam Mastur bahkan Jasa alat berat pemadat (Wales) pun juga di pesan dikondisikan oleh Imam Mastur.

 

Meski mecah sendiri Ali mengaku Batu yang dihasilkan bisa di pakai untu membentuk badan jalan onderlaght, disingung mengenai ukuran batu yang di hasilkan dari proses pemecahan Ali memilih untuk Bungkam, Bahkan Candra saat ditanyai soal ukuran material batu yang di tulis dalam RAB pun juga mengaku tidak memahaminya. Namun keduanya menegaskan onderoaght itu sesuai dengan spesifikasi yang direncanakan.

 

“ya saya kira sudah sesuai” Ucap Ali.

 

Diketahui pada tahun anggaran 2023 Tiyuh Mulya Jaya Kecamatan Gunung Agung mengalokasin anggaran untuk peningkatan jalan Onderlaght di tiga Titik yaitu Suku 5 Rp.92.875.000., Suku 2 Rp.70.335.000., Suku 4 Rp.27.630.000.

 

Saat di konfirmasi lebih lanjut Ali dan Candra mengaku tidak mengetahui alasan mengapa pembangunan pada proyek itu menggunakan Batu dari hasil mecah sendiri sementara pada dokumen belanja RAB nya batu berukuran pasti, Hingga berita ini di terbitkan TPK proyek onderlaght tersebut dan Kepala Tiyuh Mulya Jaya belum di Konfirmasi. (Yoga)

 

 

Loading