Lampung Barat, Korel.co.id — Pj.Bupati Lambar Drs,Nukman M.M., secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan tahun 2024 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 di Pemangku Talang Karuhun, Pekon Pagar Dewa, Kecamatan Pagar Dewa, Jumat (02/02/2024).

Udo Nukman sapaan akrab kepada Pj. Bupati Lambar dalam sambutannya menjelaskan, guna pencapaian pembangunan yang maksimal, diperlukan perencanaan pembangunan.

Dimana, melalui Musrenbang yang jadi agenda tahunan diharapkan menjadi wadah pembahasan usulan guna menciptakan terobosan dan program prioritas pembangunan.

Baca : Prodi DKV Darmajaya Kembali Dipercaya Gelar Double Track untuk Sekolah Ini

“Diharapkan kepada seluruh masyarakat dapat ikut serta dalam menyampaikan usulan dalam menciptakan terobosan untuk kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Udo Nukman.

Karena menurutnya, kegiatan ini menjadi momen khusus bagi masyarakat untuk menyampaikan berbagai usulan rencana pembangunan yang menjadi skala prioritas bagi Pemerintah ke depan.

“Tentunya kami berharap melalui Musrenbang ini dapat menjadi wahana diskusi yang konstruktif dalam rangka menetapkan dan memantapkan program prioritas pembangunan,” sebutnya.

Baca : Kembangkan Wirausaha Era Digital, PPIK UBL Gelar WOW

Dengan begitu, diharapkan penyelenggaraan Pembangunan di tahun 2025 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel serta mampu menjawab permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat dengan tepat dan strategis.

Selanjutnya, Nukman menyampaikan bahwa di dalam Musrenbang ini pastinya akan menghasilkan program yang menjadi bahan acuan dalam menyusun program pembangunan di kecamatan.Tentunya setiap program pembangunan yang diusulkan agar diseleksi sebagai penajaman prioritas guna memberikan kemanfaatan bagi masyarakat,” ucapnya.

Kemudian Nukman mengungkapkan permohonan maafnya terhadap masyarakat terkait pembangunan infrastruktur jalan yang berada di Kecamatan Pagar Dewa yang belum seluruhnya dapat tertangani.

Baca : Januari Yang Kering Telah Berakhir, Tetapi Apakah ‘Minuman Tanpa Alkohol’ Adalah Cara Yang Sehat Untuk Mempertahankannya

Nukman menyampaikan, hal itu disebabkan dengan adanya berbagai keterbatasan dan beragam persoalan pembangunan.

Mengingat di tahun 2021, pada masa kepemimpinan Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin sudah membangun infrastruktur jalan penghubung dari perbatasan Pekon Pahayu Jaya sampai Kecamatan Pagar Dewa sepanjang 2,5 Kilometer (KM) dari 5 km. Untuk sisanya kami akan meninjau jalan tersebut, termasuk infrastruktur jalan yang berada di Pekon Sidodadi menuju Kecamatan dan mudah-mudahan di tahun 2025 akan direalisasikan,” ungkapnya

Sementara itu, Jamili selaku tokoh masyarakat setempat mengatakan, bahwa di Kecamatan Pagar Dewa terdapat sejumlah persoalan bagi masyarakat khususnya infrastruktur Jalan.

Baca : Biden Mengeluarkan Perintah Eksekutif Yang Menargetkan Pemukim Israel Yang Melakukan Kekerasan Di Tepi Barat

Ia mengharapkan persoalan terkait infrastruktur jalan tersebut dapat segera ditangani.

“Kami sangat mengharapkan adanya pembangunan infrastruktur jalan khususnya di Kecamatan Pagar Dewa,” pungkasnya.Untuk diketahui pada Musrenbang tersebut, Pj. Bupati Lampung Barat menyerahkan secara simbolis dana Kecamatan dan Dana Desa (DD) yang diterima langsung oleh Kecamatan dan Pekon setempat.

Penyerahan tersebut disaksikan langsung oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Anggota Dewan, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah dan masyarakat setempat.(merpi)

Loading