Foto : Bugatti Chirons yang dikustomisasi untuk pasangan suami istri. Courtesy Bugatti

 

California , Korel.co.id —- Produsen mobil seperti Lamborghini, Ferrari, Bentley, dan Rolls-Royce telah melakukan bisnis dengan baik, terlepas dari apa pun yang terjadi dalam perekonomian dunia yang lebih luas, jajaran orang kaya raya tumbuh dan menjadi lebih kaya. Lamborghini menjual lebih dari 10.000 kendaraan tahun lalu untuk pertama kalinya dan Ferrari mengalami peningkatan pendapatan lebih dari 17%. Namun, menghasilkan uang dengan menjual sejumlah kecil mobil kepada sekelompok kecil orang membutuhkan kreativitas yang terus meningkat.

Akibatnya, tingkat kustomisasi pribadi yang ekstrem telah menjadi norma di ceruk industri otomotif ini. Alih-alih hanya memilih warna interior dan eksterior dari sebuah menu, setiap pembeli dapat memastikan supercar atau SUV ultra-mewah miliknya tidak seperti yang lain di dunia. Dalam beberapa kasus, pembeli terkaya bahkan dapat memiliki mobil yang dibuat dalam jumlah kecil – bahkan satu digit – hanya untuk mereka.

Di luar hitungan kasar, Lamborghini, Rolls-Royce, dan Bentley mencapai rekor penjualan mobil yang disesuaikan secara individual yang harganya bisa mencapai dua kali lipat dari harga dasar salah satu kendaraan ini.

“Kami terbatas dalam hal ukuran [pasar] dan dalam hal segmen [pasar],” kata kepala eksekutif Lamborghini, Stephan Winkelmann, dalam sebuah wawancara dengan CNN. “Jadi kami harus memaksimalkan setiap mobil.”

Lonjakan pendapatan Ferrari yang diumumkan pada hari Kamis adalah berkat program personalisasi kendaraan perusahaan. Ferrari mengumumkan pendapatan sebesar $6,46 miliar dan laba $1,36 miliar pada tahun 2023. Perusahaan ini mengharapkan lebih banyak pertumbuhan pada tahun 2024 dengan SUV Purosangue yang baru saja diluncurkan karena terus melayani para penggemar mobil terkaya. Saham perusahaan mencapai level tertinggi dalam 52 minggu pada Kamis pagi di harga $380 per saham. (Juara tujuh kali Formula 1 Lewis Hamilton yang bergabung dengan tim balap Ferrari mungkin juga berkontribusi pada kenaikan harga ini).

baca : Mengapa Membeli Tiket Pertandingan Menjadi Sangat Tidak Terjangkau

Produsen mobil seperti ini menjual kepada sebagian kecil populasi global, yaitu mereka yang memiliki setidaknya $30 juta uang belanja potensial. Jumlahnya sekitar 400.000 orang di seluruh dunia, menurut Altrata, sebuah perusahaan yang mempelajari tren kekayaan. Pada tahun 2028, Altrata memperkirakan 528.000 dari 8 miliar orang di dunia akan masuk dalam kategori kekayaan tersebut.

Ini adalah pasar yang terus bertumbuh dalam hal populasi, namun orang-orang kaya ini juga semakin kaya, kata Javier Gonzalez Lastra, mitra investasi Tema ETF, yang mengoperasikan dana investasi barang mewah.

 

Memanfaatkan sumur yang dalam

Penjualan mobil global naik sekitar 9% tahun lalu, menurut S&P. Dan merek-merek termahal, dengan beberapa pengecualian, juga mengalami pertumbuhan. Namun, untuk merek-merek seperti ini, angka yang tidak signifikan bagi produsen mobil besar – seperti 10.000 Lamborghini atau 13.000 Ferrari – dapat berarti kesuksesan yang luar biasa.

Dengan jumlah mobil yang sedikit – dan mereka tidak ingin menjual terlalu banyak lagi atau mereka tidak akan menjadi “eksklusif” lagi – para produsen mobil ini memperluas cara mereka untuk meningkatkan fitur, pilihan, dan tambahan kepada kelompok pembeli terkaya ini.

“Personalisasi, kustomisasi, sebenarnya telah menjadi pendorong utama di balik pendapatan yang lebih baik dari yang diharapkan sepanjang tahun ini,” kata Gonzalez Lastra.

Dia berbicara tentang Ferrari, khususnya, yang memiliki pertumbuhan pendapatan yang kuat tahun ini, tetapi konsep yang sama juga berlaku untuk produsen mobil ultra-mewah lainnya. Untuk meningkatkan pendapatan, mereka harus membenarkan untuk menagih lebih banyak kepada klien mereka yang kaya.

Lamborghini Revuelto Opera Unica, supercar hibrida plug-in Lamborghini Revuelto dengan cat khusus yang dikerjakan dengan tangan yang membutuhkan waktu 435 jam untuk menyelesaikannya, menurut produsen mobil tersebut. Courtesy Lamborghini

“Pelanggan memang kaya, tapi dia tidak bodoh. Anda harus mendapatkan kenaikan harga,” katanya, “dan untuk melakukannya Anda harus membawa sesuatu yang baru, misalnya model baru, inovasi, sesuatu yang berbeda, atau Anda menyesuaikan sesuatu untuk klien Anda.”

Menjual opsi tentu saja bukan hal baru dalam industri otomotif. Bahkan mobil-mobil mainstream dari merek-merek seperti Volkswagen dan Ford dapat dijual dengan banyak pilihan, sebuah tren yang telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Namun pelanggan yang membeli Lamborghini, Rolls-Royce, dan Bentley memiliki lebih banyak pilihan warna cat dan bahan interior yang dapat disesuaikan tanpa batas, daripada yang ditawarkan oleh produsen mobil untuk merek-merek yang lebih murah. Produsen mobil jarang mengungkapkan harga spesifik untuk mobil-mobil yang sangat personal ini.

baca : Kagum dengan Suara Murid SDI Pelangi saat Membaca Al-Qur’an, Ketua dan Sekretaris Yayasan Alfian Husin Berikan Hadiah

Yang paling ekstrem, produsen mobil bahkan akan membuat seluruh mobil seharga jutaan dolar untuk beberapa pelanggan saja.

Opsi kustom yang terus bertambah

Namun, jenis kustomisasi yang tersedia bagi pelanggan program Ad Personum Lamborghini, yang tersedia pada model supercar merek ini, lebih dari sekadar memilih dari daftar panjang tersebut. Pelanggan dapat meminta warna “paint-to-sample”, misalnya, di mana mobil dapat dicat agar sesuai dengan sampel kain, kulit, atau cat.

Jika pelanggan memiliki kemeja favorit, misalnya, cat mobil dapat disesuaikan dengan warna kain. Namun, idenya lebih dari sekadar mencocokkan pakaian.

“Anda memiliki apa yang saya sebut ‘mikro metalik’ dan Anda bahkan bisa melemparkan debu berlian Swarovski yang telah dihancurkan ke dalam cat,” ujar Pietro Frigerio, mantan eksekutif Lamborghini yang kini mengelola dealer Lamborghini di Newport Beach, California.

Salah satu alasan mengapa tren ini semakin populer adalah karena teknologinya yang semakin maju, tambahnya. Cat baru berarti kemungkinan baru.

Jadi, selain hanya warna, cat dapat memiliki banyak sekali efek dan nada yang halus. Pembeli bahkan dapat memadukan efek yang berbeda dari warna yang sama untuk menghadirkan pola dan desain yang halus.

Pada acara Art Basel Miami Beach tahun lalu, Lamborghini meluncurkan supercar Revuelto yang tampak seperti telah dikendarai melalui aliran cat neon. Mobil yang dijual kepada pelanggan setelah acara tersebut, dibuat untuk memamerkan kemampuan cat khusus dari produsen mobil ini.

Hampir tiga perempat pelanggan Bentley tahun lalu meminta opsi khusus yang melampaui daftar pilihan merek yang sudah panjang, meningkat 43% dari tahun sebelumnya. Pilihan yang lebih mewah ini dapat menambah sekitar $75.000 pada harga mobil Bentley, kata para eksekutif.

baca : Polda Banten ikuti Forum Belajar Bersama Dengan Narasumber Prof. Rheinald Kasali

Tentu saja, semakin mahal harga mobilnya, semakin mewah – dan berpotensi mahal – pilihannya. Rolls-Royce telah menciptakan sejumlah sedan Phantom yang harganya mungkin berlipat ganda dari harga dasar mobil ini yang sekitar $500.000. Mobil-mobil ini dibuat dengan fitur-fitur seperti bordir khusus, lapisan kayu yang rumit, kaca berukir, dan bahkan desain yang dilukis dengan tangan pada interiornya.

Kellyn Dixon, manajer dealer Rolls-Royce di Irvine, California, memenangkan penghargaan dua tahun lalu karena telah menjual mobil paling banyak di seluruh dunia dari program kustomisasi merek ini, yang dikenal dengan nama “Rolls-Royce Bespoke.” Ini adalah mobil yang sangat disesuaikan, sedemikian rupa sehingga Dixon terkadang membawa kliennya ke kantor pusat Rolls Royce di Goodwood, Inggris, untuk bertemu langsung dengan para desainer untuk memilih warna, potongan-potongan trim yang unik, dan bahkan bordir dan etsa.

Di dealer Rolls-Royce Dixon, tiga perempat dari sekitar 90 mobil yang terjual setiap tahunnya memiliki beberapa pilihan khusus, katanya. Itu termasuk warna cat di luar menu dan benda-benda tertentu yang disegel di dalam “The Gallery,” kotak kaca yang terpasang di dasbor Phantom, dan ukiran yang dipersonalisasi secara rumit.

Meskipun ia dan tim desain Rolls-Royce dapat memberikan panduan, namun pada akhirnya, pilihan ada di tangan pelanggan.

“Apa yang menarik bagi Anda mungkin tidak menarik bagi saya,” katanya, “Dan pada akhirnya, itu adalah mobil Anda. Anda akan menerima pengiriman. Tetapi ada beberapa rakitan yang sangat spesifik dan unik yang, Anda tahu, kami sedikit berdoa ketika mobil selesai dibuat agar klien menyukainya seperti halnya mereka menyukai hasil renderingnya.”

Bugatti menjual mobil mulai dari harga $3 juta, jadi Anda mungkin berpikir bahwa memiliki salah satu dari mobil-mobil ini saja sudah cukup istimewa. Tapi beberapa pelanggan masih menginginkan sesuatu yang lebih. Untuk seorang pelanggan tahun lalu, Bugatti menciptakan Chiron yang dicat emas di mana para desainer merek ini menggambar pemandangan bersejarah dengan Bugattis klasik. Menanggapi permintaan lain, desainer Bugatti menciptakan cat bergaris-garis yang kontras – satu mobil berwarna biru, satu lagi berwarna oranye – untuk sepasang suami-istri.

baca : Jalan Penghubung Sidodadi dan Batu Api Jadi Pembahasan Bersambut Musrenbang Kecamatan Pagar Dewa

Tingkat kustomisasi ini dimungkinkan, sebagian karena mobil-mobil ini sebagian besar dibuat dengan tangan. Bahkan tanpa banyak kustomisasi, dibutuhkan waktu berbulan-bulan antara saat seseorang memesan Lamborghini atau Rolls-Royce dan saat mereka benar-benar mendapatkan mobilnya.

Namun, kata Winkelmann dari Lamborghini, produsen mobil harus menyeimbangkan pertimbangan produksi sampai tingkat tertentu.

“Tentu saja membutuhkan waktu lebih lama,” katanya, “oleh karena itu, penting bagi kami untuk menyeimbangkan antara kerumitan dan, pada saat yang sama, kesempatan untuk memberikannya kepada pelanggan kami. Ini adalah diskusi yang terus berlanjut, secara internal, di mana kami berinvestasi untuk memberikan lebih banyak kesempatan bagi pelanggan kami untuk membeli mobil yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.”

 

Sumber : https://edition.cnn.com/2024/02/03/cars/super-rich-people-ultra-luxury-automakers/index.html

 

Loading