Lampung , Korel.co.id — Universitas Muhammadiyah Lampung menjadi tuan rumah untuk kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang berlangsung dengan sukses dari tanggal 27 hingga 29 Oktober 2023 di Meeting Room UML. Kegiatan ini bertujuan untuk menghadirkan fasilitator yang siap dan mampu mengintegrasikan pendidikan aman bencana di wilayah Lampung, serta mendukung inisiatif pemerintah daerah dalam memitigasi risiko bencana.

Dalam pembukaan kegiatan ini, Dinas Pendidikan Provinsi Lampung dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung turut serta untuk memberikan dukungan yang kuat. Kehadiran dua entitas ini menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan terhadap bencana di kalangan pendidik dan pelajar di wilayah Lampung.

Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Wilayah Lampung adalah lembaga yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pelatihan ini, dan instruktur pelatihan berasal dari Pimpinan Pusat MDMC yang dipimpin oleh Agus Widianto, M.A.P. Agus Widianto adalah seorang ahli dalam manajemen bencana yang telah mengabdikan dirinya untuk memajukan pemahaman dan kesiapan dalam menghadapi bencana di Indonesia.

Baca : Peringati Bulan PRB , Rakerwil LRB MDMC Lampung ‘Meningkatkan Kesiagaan dan Kolaborasi Untuk Memperkuat Resiliensi Bencana’.

Kegiatan ini berhasil menarik perhatian sekitar 25 peserta yang memiliki antusiasme tinggi untuk memahami konsep dan praktik pendidikan aman bencana. Para peserta, yang sebagian besar adalah fasilitator SPAB, mendapatkan kesempatan untuk belajar dari instruktur berpengalaman serta berbagi pengalaman mereka sendiri dalam upaya memperkuat pendidikan aman bencana di wilayah Lampung.

Dalam sambutan, Sekretaris MDMC Wilayah Lampung, Roni Azhari, S.H, menyampaikan pesan penting. “Kegiatan ini bertujuan untuk persiapan dan peningkatan fasilitator SPAB di Lampung. Kami berharap agar kehadiran fasilitator ini bisa menjadikan Amal Usaha Muhammadiyah lebih aman terhadap bencana,” ucapnya.

Kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator SPAB ini merupakan langkah signifikan dalam menciptakan satuan pendidikan yang mampu melindungi dan memberdayakan generasi muda Lampung dalam menghadapi berbagai risiko bencana. Semoga hasil dari pelatihan ini akan berdampak positif dan berkelanjutan dalam upaya mewujudkan Lampung yang lebih aman dari ancaman bencana. (tim media center lrb mdmc lampung)

Loading