foto : keutamaan bulan ramdhan

 

Agama , Korel.co.id — Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Ini adalah bulan di mana Al-Quran, kitab suci umat Islam, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi manusia (QS. Al-Baqarah: 185). Bulan Ramadhan juga dianggap sebagai kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat-Nya untuk membersihkan diri, meningkatkan ibadah, dan mendekatkan diri kepada-Nya.

 

Salah satu keutamaan utama Ramadhan adalah kesempatan untuk memperoleh ampunan dan pahala yang besar dari Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Selain itu, Ramadhan juga merupakan bulan di mana pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup, serta setan-setan dibelenggu (HR. Bukhari dan Muslim). Hal ini memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk lebih fokus pada ibadah dan meningkatkan kualitas spiritual mereka tanpa gangguan setan.

 

Di bulan Ramadhan, umat Muslim juga memiliki kesempatan untuk meningkatkan kepedulian sosial mereka. Rasulullah SAW mengajarkan pentingnya berbagi rezeki dengan sesama, terutama kepada yang membutuhkan. Beliau bersabda, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.” (HR. Ahmad)

 

Selain itu, Ramadhan juga merupakan bulan di mana umat Muslim diajarkan untuk meningkatkan ibadah shalat malam, atau tarawih. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. Dan barangsiapa yang mendirikan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Dengan segala keutamaan dan anugerah yang terkandung di dalamnya, Ramadhan adalah kesempatan emas bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, membersihkan jiwa dan hati, serta meningkatkan amal ibadah dan kebaikan selama bulan yang penuh berkah ini.

Loading