Bandarlampung, Korel.co.id — Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya meraih Best Team dan Best Poster dalam Student Forum dengan tema AI : Defining Its Role in Global Education pada beberapa hari lalu.

Adapun mahasiswa tersebut yakni Yoglenndy Joshbert Defander Talakua, Eldrada Intan Putri, dan Doni Ramadhan. Glenn dkk meraih Best Team 1 dengan skor 122 dan Best Poster 1 dengan skor 134. Poster yang mengantar mereka menjadi team terbaik adalah poster berjudul “Artificial Invigilator for Cheating Detection Using Hybrid Technologies: YOLOv3 and OpenC”.

Selain itu, Best Poster 2 dengan skor 126 didapatkan oleh Salsabila Shahibah, Sri Asni Fatmwati, dan Adinida dari Prodi Bisnis Digital dengan judul poster “CALON MABA, Blend into Your Future Education”.

Baca : Pagi Ini, Darmajaya Sebarkan Virus Intenasionalisasi di SMKN 3 Metro

Sedangkan Best Presenter 1 diraih oleh tim Davao del Sur State College (DSSC) terdiri dari Klent Dave G. Epong, Princess P. Hindrana, dan Althea Kim B. Sulotan. Tim dari Davao del Sur State College (DSSC) ini mendapatkan skor 164 dengan menyajikan poster berjudul “A Data-Driven Student Academic Performance Prediction Using Artificial Neural Networks”.

President Davao del Sur State College (DSSC) Dr. Augie E. Fuentes mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari kolaborasi antara DSSC dengan IIB Darmajaya. “Mahasiswa banyak mendapatkan wawasan dan pengetahuan dari kegiatan student forum,” ungkap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Masih kata dia, Student Forum juga menjadi peningkatan kualitas pendidikan bagi kedua perguruan tinggi. “Kami senang dan bangga bisa bekerjasama dengan IIB Darmajaya untuk penyelenggaraan ini (student forum),” tuturnya.

Baca : Kim Jong Un: Apakah Pemimpin Korea Utara Benar-Benar Mempertimbangkan Perang

Dalam sambutannya, Rektor IIB Darmajaya RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., menyambut baik Student Forum antara DSSC dengan IIB Darmajaya. “Dengan senang hati dan bangga saya menyambut semua mahasiswa di Forum Mahasiswa tahun ini. Forum ini merupakan bukti komitmen kami untuk mendorong dialog intelektual dan mengeksplorasi pengetahuan terdepan di dunia yang berkembang pesat saat ini,” ucapnya.

Sementara, Ketua Prodi Sistem Informasi Dr. Wasilah, S.Kom., M.T., mengucapkan selamat kepada tim Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya yang telah berhasil meraih penghargaan Best Team dan Best Poster dalam acara Student Forum Phillippines 2024. “Prestasi ini menunjukkan dedikasi, kerja keras, dan kemampuan luar biasa yang dimiliki oleh tim yang terdiri dari Doni Ramadhan, Yoglenndy dan Eldrada,” ucapnya.

Pencapaian Best Team, lanjut dia, menunjukkan bahwa kolaborasi dan kerja sama di antara anggota tim sangat efektif. Keterlibatan aktif dari setiap anggota yang saling bersinergi dengan luar biasa. “Mampu meraih Best Poster menandakan bahwa presentasi visual dari hasil penelitian telah disajikan dengan cara yang menarik dan informatif. Penghargaan ini juga mencerminkan bahwa mahasiswa Sistem Informasi telah memiliki pemahaman dan kemampuan yang baik untuk mengomunikasikan ide-ide mereka dengan jelas kepada publik. Semoga kesuksesan ini menjadi awal dari banyak pencapaian yang luar biasa di masa depan,” ujarnya.

Baca : Siang Ini, Mahasiswa IIB Darmajaya – DSSC Philipines Gelar Student Forum Bahas AI

“Dalam mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini, Kantor Internasional IIB Darmajaya memberikan pelatihan dan bimbingan intensif selama 2 pekan untuk pembuatan poster dan presentasi”, ujar Rahmalia Syahputri selaku Kepala UPT IO IIB Darmajaya.

“Student Forum ini diikuti oleh 30 mahasiswa dengan tema “Kecerdasan Buatan: Mendefinisikan Perannya dalam Pendidikan Global”.  Mereka berasal dari IIB Darmajaya; Davao Del Sur State College Filipina; Nantong Vocational University, Tiongkok; Northwestern University, Filipina,” ucap Rahmalia.  (**)

Loading