BANDARLAMPUNG, Korel.co.id — Program studi (Prodi) Hukum Bisnis Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan kunjungan belajar ke Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang 21 – 29 Mei 2024.
Adapun kunjungan belajar ini dilakukan mahasiswa yang dibagi dalam 5 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 10 orang mahasiswa dengan didampingi dosen.

Salah satu mahasiswa, Destu Rizky Syahputra mengaku sangat senang dapat langsung melihat proses persidangan. “Tentu ini menjadi sebuah proses belajar yang sangat baik, karena disini kami mendapatkan pengetahuan dan pengalaman secara praktik tidak hanya teori,” ungkapnya.

Masih kata dia, dengan melihat proses persidangan juga menjadi lebih memahami aturan dan hukum di persidangan. “Kami juga langsung mendapatkan bimbingan dari dosen dan hakim PN Tanjungkarang dalam kunjungan belajar,” ucapnya.

Baca : Penghargaan Paritrana Dari Presiden Ri Jadi Kado Terindah HUT Tiyuh Penumangan Baru.

Sementara, Ketua Prodi Hukum Bisnis IIB Darmajaya, Mashuril Anwar, S.H., M.H., mengatakan kunjungan belajar merupakan pembelajaran mata kuliah hukum pidana dan perdata yang diambil oleh mahasiswa. “Mereka semua diterima langsung oleh Hakim Pengadilan Negeri Tanjungkarang,” ungkap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Masih kata dia, kunjungan belajar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan secara langsung kepada mahasiswa. “Mereka langsung melihat proses persidangan yang berjalan,” ungkapnya.

Mashuril Anwar menerangkan bahwa dengan menyaksikan persidangan secara langsung ini juga untuk mempersiapkan lulusan yang siap pakai di dunia kerja. “Maka kita kenalkan dengan dunia praktis seperti persidangan di pengadilan negeri,” ujarnya.

Baca : Baretti FC Tubaba Gelar Saembara, Siapa Berani Lawan!!!

Anwar –biasa dia disapa – kunjungan belajar ini merupakan langkah awal sebelum pelaksanaan MoU. “Semoga mahasiswa semakin memahami keilmuannya dan tidak gagap terhadap perkembangan hukum di Indonesia. Karena dimana ada bisnis disitu ada hukum,” tutupnya.(**)

Loading