Bandar Lampung, Korel.co.id — Mahasiswa asing Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengenal lebih dekat PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Panjang. Kamis, 24 Oktober 2019.

Pelabuhan yang kini telah berstandar internasional ini dikunjungi oleh mahasiswa Kenya, Rwanda, Rusia, dan Thailand. Sebanyak enam mahasiswa asing diterima jajaran PT. Pelindo II Panjang terdiri dari Donny Yuniarto selaku Deputy General Manager Commercial, Marlamb Samuel Y selaku Asistant Deputy General Manager Commercial dan Yosi Aulia selaku Asistant Deputy General Manager SDM & Bina Lingkungan.

Wakil Rektor IV IIB Darmajaya, Prof. Dr. Ir. RA Bustomi Rosadi, M.S., mengatakan kunjungannya ke PT. Pelindo II Panjang juga sebagai silaturahim dan mengenalkan kepada mahasiswa asing. “Bagaimana mengetahui pengelolaan pelabuhan, proses bongkar muat, dan sistem manajemen perusahaan di Pelindo II Panjang,” ungkap dia dalam sambutannya.

Prof Bustomi – biasa dia disapa – menerangkan para mahasiswa tersebut sedang belajar di IIB Darmajaya. “Mereka terdiri dari mahasiswa pascasarjana, student mobility dan International Internship Scholarships,” ujarnya.

Sementara, Donny Yuniarto mengucapkan selamat datang di Pelindo II Cabang Panjang. “Pelindo II merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Sumatera,” ungkapnya.
Menurutnya, Pelindo II juga setiap harinya melayani bongkar muat kapal dari berbagai negara. “Semua sudah terpantau dalam ruangan dalam pengoperasionalan pelabuhan,” tutur dia kepada mahasiswa.

Asistant Deputy General Manager Commercial, Marlamb Samuel Y menambahkan bahwa IPC II Panjang menggunakan sistem digitalisasi dengan memudahkan pengontrolan di pelabuhan. “Jadi lebih efisien dalam melakukan operasional seperti bongkar muat, pembayaran yang menggunakan e-money dan penyimpanan muatan,” bebernya.

Efisiensi, kata Marlamb, juga bagian dari visi Presiden Joko Widodo dalam memangkas operasional di Pelabuhan dalam meningkatkan pendapatan. “Pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung dan Indonesia menjadi meningkat dengan banyaknya kapal yang melakukan muat dan bongkar di Pelindo II Panjang,” ungkapnya.

Dia menambahkan Pelindo II Panjang terus meningkatkan layanan dan pengembangan untuk melayani kapal-kapal lebih baik lagi. “Ekspor pertanian, mineral, dan lainnya juga dapat lebih meningkat dengan pelayanan yang terus ditingkatkan,” tutupnya.

Usai pemaparan di aula lantai III Gedung Pelindo II Panjang, rombongan diajak berkeliling di ruang control pelabuhan. Beberapa layar monitor besar dan kecil serta beberapa komputer mengontrol proses operasional pelabuhan. Kemudian, rombongan mahasiswa asing diajak ke Pelabuhan untuk melihat proses bongkar muat langsung. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *