Bandar Lampung, Korel.co.id — Program Studi Magister Manajemen (MM) Universitas Bandar Lampung (UBL) berhasil meraih akreditasi “Unggul” dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA). Sebelumnya program studi MM UBL memiliki peringkat Akreditasi A dan juga terakreditasi Internasional dari Higher Education Evaluation and Accreditation Council of Taiwan (HEEACT) yang kemudian mengajukan penyetaraan status akreditasi Unggul dimana prinsip dasar persyaratan konversi adalah pemenuhan syarat terakreditasi Unggul sebagaimana diatur oleh LAMEMBA. Selain itu, dua butir persyaratan yang merupakan penanda penting yaitu pelampauan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan transisi menuju Outcome Based Accreditation juga harus dipenuhi.

Baca : Lazis Darmajaya Salurkan Program Tali Kasih Sebanyak 300 Paket

Dierktur Pascasarjana UBL, Dr. Andala Rama Putra, M.A.Ec mengungkapkan kebahagiaannya atas akreditasi Unggul yang tercapai berkat kerja sama dan dukungan dari semua pihak. “Syukur Alhamdulillah, berdasarkan Keputusan LAMEMBA No. 064/DE/A.5/AR.12/X/2023, MM UBL ditetapkan akreditasinya dengan peringkat Unggul. Pencapaian akreditasi Unggul ini merupakan kerja panjang yang melibatkan banyak pihak, mulai dari prodi hinggal level universitas. Beberapa syarat harus kita penuhi, seperti jumlah dosen tetap Guru Besar, tinjauan kurikulum secara berkala, penjaminan mutu yang sistematis, kualitas dan kompetensi lulusan atau alumi dan publikasi mahasiswa,” ungkap Andala, Senin (11/12/2023).

Baca : Lazis Darmajaya Salurkan Program Tali Kasih Sebanyak 300 Paket

Atas capaian akreditasi Unggul ini Rektor UBL, Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, MBA menyampaikan apresiasinya. “Alhamdulillah, bertambah lagi program studi dengan akreditasi Unggul di UBL. Saya ucapkan terima kasih kepada Direktur, Asisten Direktur dan Ketua Program Studi Magister Manajemen, Dosen, Karyawan, Mahasiswa, Alumni, Pengguna Alumni dan semua pihak yang telah luar biasa bekerja keras serta kompak selama proses persiapan akreditasi, sehingga kita bisa memperoleh peringkat Akreditasi Unggul. Semoga menjadi berkah bagi peningkatan SDM bidang Manajemen di Indonesia, khususnya Lampung,” tuturnya.

Capaian akreditasi dengan peringkat tertinggi ini membuktikan komitmen UBL untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaran pendidikan tinggi menjadi yang terbaik bahkan mencapai standar internasional. (edit : suci)

Loading