Lampung Utara, Korel.co.id — Bertempat di kediaman tokoh masyarakat, Supardi dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), di Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara, Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Lampung, Ir. H. Hanan A Rozak, M.S kembali melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dengan pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA Kabupaten Lampung Utara, pada Sabtu (01/6/2024) sore.

Didampingi Isteri terkasih Bunda Erna Suud Hanan kehadiran Bacagub Hanan disambut hangat oleh pengurus KTNA Kabupaten Lampung Utara, Andi Prabowo dan hadir juga Sekretaris KTNA Provinsi Lampung, Jiwo, serta turut hadir juga tokoh-tokoh petani dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Kecamatan Kotabumi Utara,

Dalam paparannya, Bacagub Hanan menyampaikan bahwa KTNA sebagai wadah para petani dan nelayan yang terkonsentrasi dalam kegiatan sosial ekonomi pada bidang pertanian, perikanan, dan kehutanan, berbudayakan agribisnis berbasis di pedesaan dan berwawasan lingkungan telah banyak menorehkan beragam program kerja dan kegiatan untuk menyokong pembangunan ekonomi.

Baca : Ratusan Personil Polda Banten Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Suasana diskusi santai pun terjadi dalam pertemuan silaturahmi tersebut, membahas seputar persoalan-persoalan dan harapan-harapan masyarakat petani di Kabupaten Lampung Utara menyangkut sektor pertanian.

“Terimakasih atas sambutan nya, silaturahmi ini diinisiasi dalam rangka membahas seputar persoalan-persoalan khusus di sektor pertanian”, kata Beliau.

Kemudian, lanjut Beliau pertemuan tersebut guna mengukur juga tentang sejumlah agenda, bagaimana menjalankan program pertanian di Provinsi Lampung khususnya di Kabupaten Lampung Utara,

“Alhamdulillah, karena saya di komisi IV DPR RI dengan tugas legislasi dan budgeting (anggaran) seyogyanya ada banyak program yang bisa disalurkan, sarananya tentunya melalui kunjungan-kunjungan ini”, imbuh Bacagub Hanan ditengah-tengah pengurus KTNA Kab. Lampung Utara,

Baca : IIB Darmajaya – BRI Gelar Campus Hiring, Ini Kata Alumni

Sementara, Andi Prabowo menyampaikan sejumlah persoalan yang tengah terjadi dan menjadi hambatan dalam upaya meningkatkan hasil pertanian khususnya di Lampung Utara.

“kita perlu sampaikan pak, bahwa masyarakat petani disini sebagian besar menanam padi tadah hujan, dalam hal ini terkendala kondisi air, sehingga kita mengharapkan adanya irigasi untuk petani sawah tadah hujan dan pembuatan embung untuk menampung limpahan air yg dapat digunakan sebagai cadangan air utk pertanian”, kata Andi Prabowo,

Keluhan juga disampaikan oleh tokoh masyarakat setempat dari Gapoktan Wonomarto, Supardi yang mengharapkan adanya stabilitas harga komoditas jagung dan singkong.

“Kami sangat berharap pak, harga hasil produksi untuk komoditas jagung dan singkong stabil, sehingga harga hasil produksi tidak menekan kondisi para petani”, ujar Supardi.

Baca : Konser Musik di Way Kanan, Dihadapan Ribuan Warga Bacagub Hanan Berkomitmen

Selanjutnya, harapan juga datang dari masyarakat setempat yang disampaikan melalui Kepala Desa Wonomarto yakni Supardi, yang menginginkan adanya program normalisasi sungai.

“Di wilayah kita ini pak, pada saat musim hujan air sungai Way Merah meluap dan merendam area persawahan rakyat, karena
banjir disebabkan pendangkalan akibat penumpukan lumpur (sedimentasi)”, ungkap Kades Wonomarto.

“Maka dari itu, masyarakat mengusulkan normalisasi sungai melalui program pengerukan sungai”, harap Supardi.

Menjawab keluhan dan harapan dari para petani dan masyarakat dalam pertemuan tersebut, Bacagub Hanan menyampaikan agar persoalan ini disampaikan secara tertulis, sehingga nanti akan Beliau bahas bersama pemerintah pusat melalui Kementerian.

Baca : Kepemimpinan Sekolah

“Persoalan dan harapan dalam sektor pertanian, dan terkait normalisasi sungai akan menjadi perhatian khusus saya, tentunya saya sebagai anggota DPR RI yang bertugas di Komisi IV membidangi sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan sebagainya, akan membawa aspirasi tersebut ke Pembahasan bersama Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait, tentunya melalui usulan secara tertulis”, jawab Beliau.

Selanjutnya Beliau juga membahas terkait harga dari hasil sektor pertanian petani saat ini, maka seputar harga hasil pertanian harus terus di kawal oleh Beliau agar kondisi harga pokok penjualan stabil.

“Jadi terkait stabilitas harga hasil pertanian harus dicarikan solusi untuk menekan harga-harga tersebut, jadi bagaimana kita mengawal harga pokok penjualan (HPP) nya, kemudian bagaimana agar pemerintah tidak impor hasil produksi pertanian, masalah-masalah ini harus dicarikan solusinya karena kondisi sektor pertanian hari ini masih memperihatinkan”, jelas Bacagub Hanan yang juga sebagai Bupati Tulang Bawang periode 2012-2017.

Bacagub Hanan juga berkomitmen terkait upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat petani. Bagaimana meningkatkan pendapatan petani dan tidak hanya fokus pada produksi hasil pertanian, selain itu bagaimana generasi muda tertarik menekuni usaha atau bisnis pertanian melalui pendapatan usaha tani yang tinggi dan dapat dicapai melalui penerapan teknologi pertanian modern.

Baca : UKM KSR PMI Darmajaya Gelar Seminar PHBS di LPKA Kelas 2 Bandarlampung

Diakhir pertemuan, selain menyampaikan harapan-harapan dan keluhan masyarakat Petani di Kabupaten Lampung Utara, Ketua KTNA setempat, Andi Prabowo menegaskan pengurus KTNA berkomitmen akan memenangkan Bacagub Hanan A Rozak dalam pemilihan Gubernur Lampung 2024 mendatang.

“Seluruh pengurus KTNA di Lampung Utara berkomitmen untuk memberikan dukungan dan pilihan kepada Bapak Hanan A Rozak sebagai Bacagub dari Partai Golkar demi mewujudkan Provinsi Lampung MAJU (Modern, aman, jinawi dan unggul) dan masyarakat petani yang makmur dan sejahtera”, tutup Andi Prabowo. (*)

Loading