Bandarlampung, Korel.co.id — Prodi Akuntansi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Praktisi Mengajar dalam mata kuliah Teori Portofolio & Analisis Investasi selama tiga pertemuan.

Adapun pertemuan praktisi mengajar di Prodi Akuntansi dilakukan selama tiga pertemuan. Pertemuan pertama pada 8 Januari 2024 dan 10 Januari 2024 pertemuan kedua. Kemudian pada pertemuan ketiga pada 10 Januari 2024 dalam kelas karyawan.

Praktisi yang menjadi pengajar merupakan Representative PT Phintraco Sekuritas Juan Sha Sha Fitrah. Mahasiswa mendapatkan pengenalan dunia pasar modal mulai dari regulasi hingga praktik jual beli saham.

Juan Sha Sha Fitrah mengatakan investasi merupakan salah satu cara untuk menyiapkan masa depan. “Banyak instrumen investasi yang kita tahu tanah, emas, properti hingga saham,” ucapnya.

Menurutnya, setiap investasi memiliki resiko namun dapat mengantisipasi sebelum terjadinya resiko dengan memahami cara berinvestasi. “Investasi juga untuk menyiapkan masa depan ataupun keinginan lainnya. Saya bisa menggunakan investasi di pasar modal untuk membayar seluruh biaya studi,” kata dia.

Juan Sha Sha Fitrah juga menjelaskan mengenai investasi di pasar modal yakni saham. Mulai dari resiko saham, capital gain, fluktuatif, pailit, suspensi, listing, delisting dan lain sebagainya.

Ia juga menerangkan definisi pasar modal merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Selain itu, Juan Sha Sha juga memandu langkah-langkah dalam membeli saham di pasar modal.

Sebelumnya, Ia juga mengajarkan cara membuka akun sekuritas yang digunakan untuk membeli saham. Tata cara mengecek portofolio hingga transaksi penjualan dan pembelian disampaikannya.

Sementara, Dian Mustika, S.E., M.Sc., mengatakan mata kuliah teori portofolio dan analisis investasi ini disampaikan oleh praktisi yang langsung implementasi. “Selama ini mahasiswa mendapatkan materi dari buku yang tataran teori dan kini mereka juga mendapatkan langsung paparan praktis implementasi,” ungkapnya.

Dengan praktisi mengajar ini, lanjut dia, akan mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai regulasi di pasar modal. Terutama mahasiswa juga memahami analisis investasi di pasar modal. (**)

Loading