Way Kanan ,Korel.co.id —- KPU hari ini kembali Melakukan Rapat Koordinasi Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan ( PDPB ) Triwulan III Periode Bulan September 2022 , pada Rakor yang digelar di Aula KPU Way Kanan dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan,S.H, tersebut, Selasa (20/09/2022).

Hadir Kadiv Datin I Gede Klipz Darmaja,S.Ag,M.Pd.H, Kadiv Hukum Doan Endedi,S.H,Kadiv Parmas Tri Sudarto,S.Pd, Kadiv Teknis Nofrisyah Harianto,S.Pd , Sekretaris M.Arifin,S.Sos beserta Kasubbag ,Partai Politik, Ketua Bawaslu Way Kanan Yessi Karnaisyah, Sekretaris Dukcapil Syahrul Munir, Camat Blambangan Umpu di wakili oleh Gajah Tera, perwakilan Polres Aipda Apriadi dan perwakilan Kodim Pelda Hambali.

Menurut Refki bahwa Rapat Koordinasi PDPB itu memang dilaksanakan secara rutin untuk setiap triwulan dengan mengundang stake holder.
“Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Triwulan III periode bulan september, ini merupakan Rakor terakhir untuk PDPB dan selanjutnya akan memasuki pemutakhiran Data Pemilu 2024, karena ketika sudah memasuki pemutakhiran data pemilu, nanti akan ada beberapa perubahan terutama proyeksi pemetaan TPS dan saat ini juga KPU sedang menghadapi Tahapan Verifikasi perbaikan administrasi Parpol calon peserta pemilu tahun 2024, sesuai jadwal dari 12 Sep S/d 12 Oktober 2022 , dan KPU selalu membuka ruang kepada Parpol melalui Helpdesk untuk melakukan konsultasi,” Tegas Refki.

Sementara I Gede Klipz Darmaja, Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Way Kanan mengatakan bahwa PDPB triwulan III momentum terakhir di periode ini, ditahun 2021 paska Pilkada KPU melaksanakan amanah undang-undang no 7 tahun 2017, ketika tidak ada tahapan maka KPU Wajib melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

Pada Kesempatan yang sama, Sairul Sidiq SH, Anggota DPRD Way Kanan dari partai PKB mengapresiasi kinerja KPU Way Kanan, dimana Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini merupakan salah satu cara minimalisir kecurangan terutama di data pemilih ditahun 2024 yang akan datang serta dapat menyajikan data yang akurat dan akuntabel .

Sementara Sekretaris Partai Ummat Way Kanan, Mat Sahri mengatakan perlu adanya pendataan pemilih pemula, hal tu menjadi penting karena pemuda berpartisipasi dalam demokrasi. Salah satunya yaitu dengan ikut meramaikan pemilihan umum dan dapat menyalurkan hak pilih pada pemilu 14 februari 2024 mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Way Kanan Yesi Karnaisyah. SH bahwa Bawaslu mencatat masih adanya pencatutan warga sebagai anggota partai politik, untuk itu Bawaslu dan KPU telah membuka help desk pengaduan masyarakat terhadap namanya yang tercatut di parpol.
“ Kami juga berharap agar parpol juga membuat helpdesk pengaduan, agar warga tidak merasa dirugikan,” tegas Yesi.

Dalam pada itu., Hasil PDPB Triwulan III Periode September 2022, ditetapkan sebanyak 319.361 dari 227 kampung dan 991 TPS yang ada di Kabupaten Way Kanan.(Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.