foto : Tim PKM PM dari Universitas Muhammadiyah Metro

 

Kota Metro , Korel.co.id — Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program yang membantu mahasiswa untuk berfikir kritis dan peduli terhadap permasalahan yang ada pada masyarakat. Banyak masyarakat yang merasa terbantu dengan adanya ide-ide mahasiswa yang dapat menyelesaikan sebuah masalah yang ada.

Seperti pada Panti Asuhan Tuma’ninah Yasin, Metro, Lampung. Permasalahan yang ada di yayasan ini adalah kurangnya kreativitas pada anak karena padatnya kegiatan pendikan, karenanya  diadakanlah program pelatihan dan pendampingan keterampilan pembuatan buket bunga ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dengan memanfaatkan bahan yang ada disekitar Panti Asuhan. Karena Seharusnya dengan umur yang akan menginjak dewasa tersebut  perlu dipersiapkan untuk dapat memanfaatkan kemampuan diri mereka masing-masing untuk ikut serta berperan memecahkan permasalahan yang ada ditengah masyarakat dan juga dapat mengembangkan kreativitas sebagai sebuah ilmu yang dapat mencetuskan ide usaha di kemudian harinya.

Baca : Pondok Pesantren Gontor , Tidak Berpartai

Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 18 juli sampai 5 September 2023. Kegiatan tersebut berlokasi di Panti Asuhan Tuma’ninah Yasin yang beralamatkan dijalan pala no.51 Kauman bawah kelurahan metro, kecamatan metro pusat, kota metro dilaksanakan oleh Tim PKM PM dari Universitas Muhammadiyah Metro selain sebagai upaya mengatasi permasalahan pada panti asuhan tersebut, tetapi juga sebagai cara untuk ikut serta menanggulangi limbah sampah yang ada melalui produk yang unik dan sedang trend dikalangan anak muda maupun mahasiswa.

Dalam pelatihan ini, tim memberikan pelatihan dasar-dasar yang berhubungan dengan pembuatan buket bunga pelepah pisang,seperti bahan-bahan yang digunakan, cara pembuatan, cara merawat serta cara mempromosikan produk.

Baca : Kapolda Lampung Bangga Bocah SD Berani Gagalkan Aksi Penjambretan Hingga Terluka

Anak-anak terlihat antusias mengikuti pelatihan  sampai selesai dengan menghasilkan buket yang indah dan cantik. Para pengurus Panti Asuhan pun turut mengapresiasi kegiatan ini, menurut beliau kegiatan pelatihan ini diharapkan akan terus berlanjut sehingga dapat menjadi program belajar tambahan untuk anak-anak yang ada disana. Dengan diadakannya Buku Panduan, pihak Panti Asuhan dapat meneruskan keberlanjutan program ini secara mandiri.

Dengan diadakannya program ini, dapat menjadi bukti nyata bahwa Program Kreativitas Mahasiswa(PKM) ini dapat membawa dampak positif bagi mahasiswa maupun masyarakat. Semoga program-program semacam ini dapat berkelanjutan, sehingga dapat membantu masyarakat dengan segala permasalahannya dan secara tidak langsung dapat membantu menjadikan Indonesia menjadi negara maju dengan potensi pemikiran kritis dari generasi muda Indonesia. (red)

Loading

One thought on “Kerajinan Dari Limbah Pelepah Pisang, Menjadi Barang Bernilai Jual Bersama TIM PKM PM UM Metro”

Comments are closed.