Bandar Lampung , Korel.co.id — Universitas Bandar Lampung melalui Pusat Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (PPIK) menggelar WOrkshop Wirausaha (WOW) “Pelatihan Pengembangan Wirausaha di Era Digital”. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa UBL dan umum yang merupakan pelaku usaha UMKM ini berlangsung secara interaktif di Coworking Space Innovation Center UBL, Kamis (01/02/2024) dan menghadirkan 2 orang narasumber yaitu Dr. Lukmanul Hakim, SH., MH, Ketua Pusat Studi UMKM UBL dan Okta Ainita, SH., MH, peneliti di Pusat Studi UMKM UBL.

Risti Dwi Ramasari, SH, MH selaku Koordinator Bidang Pelayanan dan Kerjasama PPIK UBL mengatakan kegiatan ini memberikan pengetahuan kepada para peserta bagaimana mengembangkan wirausaha secara digital. “WOW diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada peserta untuk beradaptasi dengan perubahan jaman saat ini. Era digital menuntut kita untuk menerapkan strategi mengembangkan usaha yang sesuai dengan kebutuhannya,” ungkap Risti saat memberikan sambutan pembukaan kegiatan ini.

Membawakan materi pendaftaran NIB bagi pengusaha dan calon pengusaha serta prakteknya, Dr. Lukmanul Hakim, SH, MH memaparkan tentang aturan hukum dan alur pelaksanaan perizinan berusaha. “Pemerintah sudah mengatur bagaimana supaya perizinan berusaha yang lebih sederhana dengan pengawasan yang terkoordinasi, transparan dan akuntabel yang dicantumkan di PP 5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko. Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah identitas pelaku usaha dalam rangka pelaksaanaan kegiatan berusaha sesuai bidang usahanya yang bisa didapatkan dengan mendaftar melalui Online Single Submission (OSS) Republik Indonesia, Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik http://www.oss.go.id/,” terang Lukman.

Baca : Januari Yang Kering Telah Berakhir, Tetapi Apakah ‘Minuman Tanpa Alkohol’ Adalah Cara Yang Sehat Untuk Mempertahankannya

Sementara itu Okta Ainita, SH., MH menyampaikan materi tentang kunci meningkatkan penjualan bisnis melalui marketing funnel. “Dalam upaya kita meningkatkan daya saing bisnis di pasar yang semakin kompetitif, maka bisnis haruslah dilakukan dengan proses pemasaran yang efektif, mulai dari menarik perhatian pelanggan potensial hingga meraih kesetian mereka. Memahami bagaimana penerapan 5 tahapan dalam Marketing Funnel yaitu, Awarness, Consideration, Purchase, Retention, Advocay akan memberikan manfaat terjadinya lonjakan penjualan dari loyal customer,” tutup Okta.

Peserta WOW aktif berpartisipasi dengan mengajukan pertanyaan dan mendapatkan inspirasi serta pengetahuan yang lebih dalam lagi tentang dunia usaha yang dapat diimplementasikan untuk menjadi pendorong bagi perkembangan dan kemajuan bisnis UMKM mereka. (suci)

Loading