MESUJI , Korel.co.id — Setelah melalui rangkaian Pleno perolehan suara pemilihan umum (Pemilu) Presiden-Wakil Presiden dan Pemilihan Anggota Legislatif DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan DPD, KPU Kabupaten Mesuji berhasil menyelesaikan tahapannya. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 28 Februari 2024 di Balai Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji Kamis (29/02/2024).

Menurut Eko Sumarsono, seorang Komisioner KPU Mesuji, setelah pleno dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi data dengan KPU Provinsi. Proses tersebut akan diikuti dengan penandatanganan Pleno yang disaksikan oleh Bawaslu serta saksi-saksi dari berbagai partai politik.

Pasca pleno, KPU Mesuji telah memastikan bahwa data hasil pemilihan akan disinkronkan dengan KPU Provinsi untuk menjaga keakuratan dan keabsahan informasi. Langkah ini menjadi prioritas setelah pleno dilakukan di Balai Desa Brabasan. Eko Sumarsono menegaskan bahwa tahap selanjutnya adalah penandatanganan Pleno yang akan menjadi bukti sah hasil pemilihan, dimana Bawaslu serta saksi-saksi partai akan menjadi saksi atas kesahihan proses tersebut.

“Nanti setelah selesai sinkronisasi dan penandatangan berkas pleno, maka semua berkas kita kirimkan ke KPU provinsi, untuk selanjutnya dilakukan pleno di KPU provinsi Lampung,”terang Eko.

baca : Fraksi PKS Minta Pemerintah segera Stabilkan Harga Dan Pastikan Stok Beras Aman Jelang Ramadhan

Diketahui pelaksanaan Pleno KPU Mesuji berjalan aman dan kondusif. Meski begitu pelaksanaan pleno KPU Mesuji mendapatkan pengawalan ketat aparat keamanan dari Kepolisian Resort (Polres) Mesuji, Polda Lampung.

“Alhamdulillah proses serta tahapan sampai pleno KPU Mesuji hasil Pemilu Legislatif, DPD, dan Presiden, berjalan lancar dan aman,”terang Kapolres Mesuji AKBP Ade Hermanto, kepada wartawan saat berada di lokasi memantau langsung pelaksanaan Pleno tersebut.

Kapolres Mesuji menambahkan, pihaknya sesuai instruksi Kapolri dan Kapolda Lampung, sejak awal tahapan pemilu dimulai sampai dengan rekapitulasi hasil pemilu di tingkat Kecamatan dan hari ini di Kabupaten sudah aktif melaksanakan pengamanan dengan mensiagakan sebanyak 94 personel dilokasi.

“Selain mensiagakan personel, Polres Mesuji juga telah melakukan sistem pengamanan baik secara terbuka maupun tertutup di lokasi Pleno. Kita harapkan sampai dengan nanti berakhirnya kegiatan Pleno ini situasi tetap aman terkendali,”Tambah Kapolres.

baca : Tragedi Gaza: Serangan Israel Makan Korban, Roba Abu Jibba Terluka Parah

Lulusan Akpol tahun 2002 itu juga menghimbau kepada para saksi dan caleg agar tetap bersatu, ikuti saja proses ini, jika terdapat hal yang kurang berkenan silahkan dilaporkan kepada pihak yang berkompeten terkait pemilu ini,”Pungkas Kapolres. (Sun)

Loading