Foto : Memilih minuman tanpa alkohol daripada minuman beralkohol memiliki keuntungan tersendiri, kata para ahli. Brianna Soukup/Portland Press Herald/Getty Images

 

Kesehatan , Korel.co.id — Setahun yang lalu, Corrina Montejano memutuskan untuk ikut serta dalam Dry January dan sepenuhnya menghilangkan alkohol dari hidupnya selama sebulan. Dia pernah mencoba tantangan ini sebelumnya, namun biasanya menyerah setelah sekitar satu minggu.

Namun pada tahun 2023, Montejano menyadari betapa kuatnya pengaruh alkohol dalam hidupnya.

Montejano, 30, seorang pelatih kebugaran dan pembuat konten yang tinggal di San Francisco, mengatakan bahwa dia minum dua atau tiga gelas dalam semalam saat memutuskan untuk berhenti. Peminum berat bagi seorang wanita didefinisikan sebagai mengonsumsi delapan atau lebih minuman beralkohol per minggu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Untuk pria, ambang batasnya adalah 15 minuman atau lebih per minggu.

“Saya hampir saja kecanduan alkohol,” katanya. Dry January “adalah pembuka mata yang sempurna.”

Sekarang, setelah sadar, Montejano telah mengadopsi beberapa taktik untuk menjaga dirinya tetap berada di jalur yang benar: berbicara dengan terapis, membuat jurnal, dan meminum minuman non-alkohol seperti mocktail.

“Minuman beralkohol, anggur, dan bir mungkin merupakan faktor terbesar dalam membantu saya mempertahankan ketenangan,” katanya.

Memilih “minuman tanpa alkohol” daripada minuman beralkohol memiliki keuntungan tersendiri, menurut Ginger Hultin, seorang ahli diet dan ahli gizi yang berbasis di Seattle.

baca : Biden Mengeluarkan Perintah Eksekutif Yang Menargetkan Pemukim Israel Yang Melakukan Kekerasan Di Tepi Barat

“Keuntungannya adalah, minuman ini tidak mengandung alkohol,” katanya. “Jadi tidak memiliki efek memabukkan atau efek depresan.”

Meski begitu, minuman non-alkohol mungkin tidak cocok untuk semua orang, dan para ahli mengatakan ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum terjun ke dunia minuman tanpa alkohol.

Perbedaan minuman non-alkohol

Beberapa merek baru-baru ini memasuki pasar minuman dengan alternatif alkohol seperti mocktail rumahan, anggur beralkohol, serta minuman beralkohol dan bir non-alkohol.

Hilary Sheinbaum, seorang jurnalis tren dan penulis “The Dry Challenge: How to Lose the Booze for Dry January, Sober October, and Any Other Alcohol-Free Month,” mengatakan bahwa hanya ada sedikit pilihan minuman non-alkohol yang tersedia untuknya saat ia berpartisipasi dalam Dry January pertamanya pada tahun 2017.

“Itu tidak tersedia di bar atau bahkan di toko kelontong setempat,” katanya. “Tidak ada perbincangan seperti sekarang.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan-perusahaan alkohol besar termasuk Heineken dan Molson Coors telah bergabung dengan tren minuman tanpa alkohol dengan pilihan nonalkohol.

Di AS, minuman diberi label nonalkohol jika mengandung antara 0,0% dan 0,5% alkohol berdasarkan volume atau ABV, menurut peraturan yang diberlakukan oleh Biro Pajak dan Perdagangan Alkohol dan Tembakau Departemen Keuangan AS.

Sebagai perbandingan, segelas bir seberat 12 ons mengandung sekitar 5% alkohol, menurut CDC. Sementara itu, 1,5 ons minuman keras atau minuman beralkohol dengan kadar alkohol 80 persen – gin, rum, vodka, atau wiski – mengandung 40% alkohol.

baca : Keutamaan Isra Miraj

 

Wine tanpa alkohol juga dapat diberi label nonalkohol atau bebas alkohol, demikian kata Biro Pajak dan Perdagangan. Banyak wine yang sering diberi label sebagai dealoholized atau dihilangkan alkoholnya karena cara pembuatannya.

“Pertama-tama mereka dibuat sebagai anggur, dan kemudian alkohol diekstraksi darinya,” kata Sheinbaum, seraya menambahkan bahwa sebagian besar minuman yang “dihilangkan alkoholnya” dibuat dengan bahan yang sama dengan minuman beralkohol dan rasanya pun sama.

Mocktail kerajinan tidak mengandung alkohol dan dibuat dari bahan-bahan seperti air berkarbonasi dan konsentrat buah, serta dikemas agar terlihat dan terasa seperti koktail beralkohol.

Terlepas dari kandungan alkohol pada labelnya, kata Hultin, semua minuman non-alkohol dilengkapi dengan label nutrisi yang harus dibaca dengan saksama sebelum dikonsumsi.

“Anda dapat melihat apa yang ada di dalamnya dan apa saja bahan-bahannya,” katanya. “Dan kemudian Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat.”

Minuman Tanpa Alkohol Dapat Membatasi Risiko Kesehatan

Minuman non-alkohol dapat membantu orang membatasi konsumsi alkohol dan risiko kesehatan yang terkait, menurut Dr. Lara Ray, seorang psikolog klinis yang juga mengelola UCLA Addictions Lab, yang mempelajari ilmu saraf klinis dari kecanduan narkoba dan alkohol.

“Seseorang mungkin berpikir, ‘Oh, saya hanya peminum biasa. Saya bukan peminum bermasalah,’ tetapi orang tersebut mungkin masih meningkatkan risiko mereka dan mekanisme spesifik di mana alkohol meningkatkan risiko kanker,” katanya.

baca : Keren Nih! Angkatan 2023 Prodi DKV dan Desain Interior Darmajaya Pamerkan Hasil Karya

 

Pada Januari 2023, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “tidak ada tingkat konsumsi alkohol yang aman” karena alkohol meningkatkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus dan payudara.

Alkohol “menyebabkan kanker melalui mekanisme biologis saat senyawa tersebut terurai di dalam tubuh, yang berarti bahwa minuman apa pun yang mengandung alkohol, berapa pun harga dan kualitasnya, memiliki risiko kanker,” kata WHO.

Tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan penyakit hati juga dikaitkan dengan konsumsi alkohol yang berlebihan, menurut CDC, serta masalah kognitif seperti demensia dan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Banyak produk mocktail yang dirancang untuk meredakan kecemasan dan stres, kata Montejano, dengan beberapa merek yang menawarkan “minuman beralkohol yang menenangkan” yang membantu konsumen bersantai. Produk lainnya memiliki efek “memberi energi” dan “euforia”, katanya, yang ideal untuk acara malam hari.

Beberapa mocktail mengandung ekstrak tumbuhan yang aktif terhadap kekebalan tubuh seperti echinacea dan adaptogen, herba dan akar-akaran yang dapat membantu tubuh mengelola stres.

Meskipun bahan-bahan ini dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, jumlahnya mungkin tidak cukup untuk memberikan dampak positif bagi tubuh, kata Dr Dana Ellis Hunnes, ahli diet klinis senior di UCLA Medical Center.

“Bukan berarti itu tidak sehat atau anti-inflamasi, tapi Anda selalu lebih baik mendapatkan kesehatan atau anti-inflamasi dari makanan utuh, bukan hanya bahan-bahan yang terisolasi,” katanya.

Ketika berbicara tentang merek mocktail, Hunnes mengatakan, Anda harus mencari bahan-bahan yang merupakan makanan asli, seperti kunyit atau jahe.

baca : IIB Darmajaya – BRIN Gelar Diskusi dalam Kerjasama Riset

 

Ekstrak botani dan adaptogen biasanya tidak diatur oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, tambahnya, jadi Anda harus berbicara dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsinya.

“Ada tanaman dan ekstrak tanaman yang dapat berinteraksi secara negatif atau positif dengan obat-obatan,” katanya. “Penting untuk memberi tahu penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda mengonsumsi suplemen atau makanan dengan kadar ekstrak tanaman yang lebih tinggi.”

Placebo Bukan Untuk Semua Orang

Minuman non-alkohol mungkin bukan pilihan yang “lebih sehat” bagi orang-orang dengan gangguan penggunaan alkohol, menurut Ray, karena sering kali terlihat dan rasanya sama dengan minuman beralkohol.

“Minuman non-alkohol memiliki banyak isyarat yang terkait dengan minuman beralkohol,” katanya. “Bagi sebagian orang, semua isyarat itu menjadi sangat kuat, dan mereka seperti, ‘Saya ingin yang asli’.”

Beberapa minuman dengan kadar alkohol hanya 0,5% masih dapat berbahaya bagi penderita sirosis hati, suatu kondisi di mana organ ini mengalami kerusakan permanen, demikian hasil penelitian menunjukkan.

Selain itu, beberapa mocktail yang dijual di bar dan restoran dapat mengandung banyak gula rafinasi karena dibuat dengan soda dan jus buah, tambah Hultin, yang mungkin tidak sesuai dengan tujuan kesehatan seseorang.

Mengganti alkohol dengan segelas air putih adalah ide yang ideal, kata Ray, tetapi penting bagi orang-orang untuk memiliki pilihan jika mereka ingin mengurangi konsumsi alkohol secara keseluruhan.

“Beberapa orang berkata, ‘Saya lebih nyaman dengan satu minuman saja, dan saya tidak merasa perlu membayar untuk mocktail. Saya cukup dengan es teh saja,'” katanya. “Orang lain merasa, ‘Tidak, saya merasa sangat terbantu dengan minuman yang terlihat seperti minuman.”

baca : Inilah Delegasi Mahasiswa Berprestasi IIB Darmajaya untuk Pembekalan di LLDikti Wilayah II Palembang

Berhasil tetap tidak minum alkohol

Meskipun menghilangkan alkohol dapat mengarah pada gaya hidup yang lebih sehat, kata Hultin, penting untuk dipahami bahwa hal itu bisa sangat sulit karena kualitas adiktif dan keterlibatannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Alkohol telah dikonsumsi dalam budaya manusia di seluruh dunia sejak awal waktu,” tambahnya. “Kita tidak bisa meniadakannya begitu saja.”

Untuk menjadi sukses, kata Ray, setiap orang perlu mengevaluasi tujuan mereka sendiri sebelum memulai perjalanan tanpa alkohol.

“Apakah Anda mencapai tujuan-tujuan itu dengan minuman non-alkohol?” katanya. “Apa kelebihan dan kekurangannya bagi Anda?”

Montejano merekomendasikan untuk memulai secara perlahan, tidak mengonsumsi alkohol untuk sementara waktu sebelum melanjutkannya.

“Saya berkomitmen untuk 30 hari tahun lalu,” katanya. “Saya bekerja dengan seorang terapis yang membantu saya membuat peta jalan untuk mengatasi Dry January pertama saya, dan itu membantu saya tetap sadar selama bulan itu dan kemudian memperpanjangnya.”

Montejano mengatakan bahwa kesehatannya berubah menjadi lebih baik, dan ia mampu membangun sebuah perusahaan kebugaran online sambil mendapatkan sertifikasi untuk mengajar yoga.

“Saya sangat fokus pada ‘apa yang saya lakukan untuk mengisi waktu saya’ dan belajar serta tumbuh sebagai manusia, dibandingkan ‘bagaimana saya bisa melewati minggu depan tanpa minum alkohol?” katanya.

baca : Bulan Di Bumi Sedang Menyusut. Inilah Yang Dikatakan Para Ilmuwan Tentang Hal Itu

Melewati hasrat harian adalah tantangan terbesar, akunya.

“Jika Anda hanya melihatnya sebagai ‘Saya harus memenangkan pertarungan 30 menit sehari’,” katanya. “Anda telah menang, dan Anda memegang kendali.”

Selama periode ini, Montejano merekomendasikan untuk berjalan-jalan, mendengarkan podcast atau menelepon teman. Membuat jurnal tentang perjalanan Anda juga bisa menjadi alat yang berguna.

Pada akhirnya, menjadi sadar dapat memiliki konsekuensi sosial, jadi penting untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang dapat mendukung Anda.

“Ini adalah waktu yang menantang, menghilangkan alkohol, karena Anda mungkin akan kehilangan pertemanan, dan dinamika pasti berubah,” kata Montejano.

Temukan sekelompok orang yang senang mengambil bagian dalam kegiatan yang tidak melibatkan alkohol, seperti mendaki gunung atau menghadiri acara minum-minum tanpa alkohol.

“Melakukan hal-hal yang berbeda sangat membantu saya untuk tetap bersemangat,” kata Montejano. “Melakukan semua yang saya bisa untuk menjadi versi terbaik dari diri saya.”

 

Sumber : Oleh Amanda Musa, CNN

Loading