BANDARLAMPUNG , korel.co.id — Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya akan menggelar Web-based Seminar (Webinar) dengan pembicara dua pakar IT . Pada Sabtu, 25 April 2020.

Keduanya merupakan dosen tetap Program Studi Magister Teknik Informatika IIB Darmajaya yakni Ir. Onno W. Purbo, M.Eng., Ph.D dan Joko Triloka, S.,Kom., M.T., Ph.D yang memiliki reputasi nasional maupun internasional.

Webinar menggunakan aplikasi zoom cloud meeting juga akan disiarkan secara live melalui channel Youtube tentang bagaimana mengembangkan aplikasi android menggunakan appinventor.

Ketua Pelaksana, Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I., mengatakan tujuan penyelenggaraan Webinar ini adalah untuk memberikan kegiatan positif bagi masyarakat yang saat ini sedang menjalankan social distancing dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat dalam bidang IT. Selain itu, pelaksanaan Webinar ini juga diharapkan dapat meningkatkan digital culture masyarakat Lampung pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Ketua Program Studi Magister Teknik Informatika IIB Darmajaya ini menerangkan bahwa Webinar yang akan diselenggarakan mendapat antusias yang luar biasa dari masyarakat. Hal tersebut dapat terlihat dari tingginya minat masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi peserta setelah disebarkan di media sosial, kuota peserta langsung terpenuhi. “Untuk, memenuhi permintaan yang terus berdatangan maka pelaksanaan Webinar juga akan ditayangkan secara live di Youtube,” ujarnya.

Doktor lulusan UGM ini berharap dengan adanya Webinar masyarakat tetap dapat melakukan hal-hal yang bermanfaat di rumah meski dalam situasi bencana Covid-19. Menurut dia, pengembangan aplikasi android dipilih pada webinar kali ini, karena kita semua mengetahui bahwa pemanfaatan aplikasi berbasis android kian hari semakin luas.
“Dengan dilaksanakannya Webinar ini banyak anak muda yang mampu mengembangkan aplikasi android sehingga akan muncul banyak ide segar yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, tentunya juga dapat memberikan hasil yang menjanjikan bagi creatornya,” jelasnya.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, Dr. (Can). Ir. H. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc., mengatakan sebagai kampus swasta terbaik di Lampung dan Sumbagsel IIB Darmajaya terus memberikan edukasi kepada masyarakat terutama dalam perkembangan dunia IT. “Dengan digelarnya webinar ini juga diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada khalayak luas bahwa peran IT dalam situasi wabah pandemi Covid-19 sangat penting,” ungkapnya.

Pembelajaran dalam dunia pendidikan beralih secara menyeluruh dengan menggunakan jaringan internet secara online atau daring. “Pemanfaatan IT yang kini mulai banyak dilakukan menggunaka perangkat smartphone dapat membantu kita dalam berbagai aspek kehidupan. Belajar, belanja, rapat, dan masih banyak hal lainnya kini dapat dilakukan semuanya melalui smartphone android,” tuturnya.

Firman –biasa dia disapa – menambahkan bahwa pembicara pada Webinar tersebut merupakan pakar IT dunia yang telah diakui keilmuannya sehingga kesempatan belajar ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. “Webinar ini merupakan salah satu bentuk komitmen IIB Darmajaya dalam mencerdaskan pendidikan di Provinsi Lampung dan Indonesia,” tutupnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *