Lampung Tengah, Korel.co.id — Tim PPK ORMAWA Himadikmi FKIP UM Metro melakukan pembelajaran di salah satu titik pojok literasi yaitu di KWT Sekar Rahayu di Kampung Ngestirahayu Kecamatan Punggur Lampung Tengah. Kegiatan ini merupakan salah satu output dari program PPK ORMAWA Kemdikbud-Ristek yang diangkat oleh Tim PPK ORMAWA Himadikmi FKIP UM Metro. Pelatihan ini dilaksanakan di pojok literasi KWT Sekar Rahayu Desa Ngestirahayu pada hari Minggu (5/11/2023).

Salah satu permasalahan gizi di dunia, terutama di negara miskin dan berkembang yaitu stunting. Stunting menjadi masalah karena dikaitkan dengan peningkatan risiko  penyakit dan kematian, perkembangan otak yang kurang optimal yang menyebabkan keterlambatan perkembangan motorik, dan pertumbuhan mental yang terhambat sampai  24 bulan. Keadaan ini diperparah dengan tidak adanya pertumbuhan yang memadai.

Baca : Wakil Rektor IV UM Metro Dr Ichsan Dacholfany Sabet Juara I Academic Leader Bidang Ilmu Pendidikan LLDIKTI Wilayah II

Nugget nabati juga sangat kaya  nutrisi dan sangat menyehatkan, sehingga sangat aman untuk anak-anak. Bagi anak-anak yang tidak suka sayur, salah satu cara agar mereka mau makan sayur adalah dengan mengolahnya menjadi nugget protein. Nilai gizi  nugget nabati meliputi energi 166 kkal, protein 6,8 gram, lemak 7,1 gram, dan karbohidrat 11,3 gram.

Bahan yang digunakan adalah 1 kentang besar, 1 wortel besar, 1 jagung manis besar, 2 batang daun bawang, 4 sendok makan tepung tapioka (larut), 1/2 sendok teh garam, 1 sendok makan tepung tapioka, 1/2 sendok teh merica bubuk, 2 bungkus monosodium glutamat. Susu bubuk tari, 4 siung bawang putih (untuk bumbu), 300ml air, celup telur dan tepung roti.

Dalam hal ini Tim PPK ORMAWA Himadikmi FKIP UM Metro melakukan pembelajaran pelatihan pembuatan nugget sayuran dari hasil panen sayuran KWT Sekar Rahayu. Hal in tentu demi ketercapaian SDG’S yaitu memakan makanan yang bergizi karena nugget berbahan sayuran.

Loading

One thought on “Himadikmi UM Metro Tingkatkan Life Skill Pengurus KWT Sekar Rahayu dengan Pembelajaran Membuat Nuget Sayuran”

Comments are closed.