International, Korel.co.id — Konflik antara Israel dan Palestina terus memanas di Gaza. Ketegangan telah meluas selama beberapa minggu terakhir, dan situasi yang semakin buruk telah memicu peningkatan gelombang kekerasan yang memakan korban jiwa terus bertambah. Berikut adalah beberapa kabar terbaru tentang perang di Gaza Palestina dan dampaknya terhadap masyarakat sipil di daerah itu.

Serangan Udara Israel di Jalur Gaza

Tentara Israel telah melakukan serangan udara di Gaza dengan skala yang lebih besar dari biasanya dalam beberapa hari terakhir. Serangan ini menyebabkan banyak kerusakan, termasuk rumah-rumah dan gedung-gedung publik. Setidaknya 20 orang Palestina tewas dalam serangan tersebut, dan puluhan lainnya terluka. Menurut laporan, serangan udara juga mereka ke arah fasilitas kesehatan di Gaza yang membuat para dokter dan perawat di daerah tersebut kesulitan dalam memberikan perawatan medis.

Serangan Palestina dengan Roket ke Wilayah Israel

Selain serangan Israel, terdapat pula serangan Palestina dengan meriam Hamas over Israel. Sejumlah roket dari Gaza ditembakkan ke wilayah Israel dan menyebar hingga kota-kota besar, termasuk Jerusalem dan Tel Aviv. Serangan roket ini menyebabkan beberapa korban jiwa dan banyak kerusakan rumah dan fasilitas umum. Dalam respons atas serangan tersebut, Israel melakukan serangan balasan ke Gaza. Bentrokan ini membuat lebih dari 200 warga Palestina tewas dan sekitar 15 orang Israel tewas.

Baca : Inilah Srikandi Yang di Usulkan PJ Gubernur Lampung

Masyarakat Sipil Terguncang

Serangan-serangan menghasut ketakutan dan teror bagi warga sipil di Gaza dan Israel. Kelaparan dan kekurangan listrik yang terjadi akibat konflik ini semakin memperparah situasi masyarakat setempat. Banyak orang Palestina kehilangan tempat tinggal dan benda-benda berharganya. Sementara itu, Israel juga melakukan penangkapan terhadap warga Palestina yang menentang tindakan penjajahan Israel.

Dukungan Internasional untuk Palestina meningkat

Situasi konflik semakin memperburuk hubungan diplomatik Israel dengan negara-negara lain, termasuk dengan para sekutu terdekatnya. Beberapa negara di dunia bahkan mengecam keras tindakan Israel sebagai tindakan yang tidak manusiawi dan tidak sesuai dengan hukum internasional. Sementara itu, para aktivis dan pemimpin dunia juga meminta agar intervensi internasional dilakukan untuk meredakan konflik ini.

Kesimpulan

Gelombang kekerasan di Gaza meningkat dari hari ke hari, menyebabkan banyak korban jiwa dan kerusakan di kedua sisi. Keduanya harus segera mencapai kesepakatan damai dan menghentikan serangan, sehingga masyarakat sipil dapat mendapatkan keamanan dan menikmati hak-haknya sebagai warga negara. Masyarakat internasional juga harus segera turun tangan untuk membantu Palestina dalam situasi krisis ini. (artikel red)

Loading