Bandar Lampung , Korel.co.id — Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Lampung melakukan sensus kebugaran anggota di Hutan Pinus Kelurahan Sukadanaham Kecamatan Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung, Jum’at (18/11/2022).

Tes kebugaran yang diikuti sebanyak 254 anggota PKS Tingkat pelopor dewasa dan utama yang berasal dari setiap DPD ini adalah salah satu rangkaian kegiatan Kemah Bakti Nusantara (Kembara) DPW PKS Lampung yang dilaksanakan sejak tanggal 18 sampai 20 November.

Ketua DPW PKS Lampung Ahmad Mufti Salim mengatakan, PKS ingin memastikan kondisi kebugaran anggotanya, karena kebugaran kader adalah salah satu faktor yang juga penting guna mengawal kemenangan PKS di 2024.

Sementara itu Defrizal Siregar Ketua Depatermen Olahraga dan Kebugaran Departemen Kepanduan DPP PKS selaku instruktur langsung yang melakukan sensus kebugaran anggota PKS mengatakan, PKS Lampung adalah DPW pertama sekaligus peserta terbanyak se Indonesia yang melakukan tes kebugaran anggota dengan menggunakan Aplikasi PKS Fit.

“PKS Lampung adalah DPW pertama se Indonesia yang melakukan tes kebugaran dengan melibatkan peserta terbanyak se Indonesia’, ujar Defrizal.

“Sensus Ini akan kami laporkan ke Sekjen PKS sebagai contoh bagi pengurus DPW PKS se Indonesia.” Lanjut Defrizal.

Selanjutnya Defrizal menjelaskan, Aplikasi PKS Fit adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Deputi Kebugaran dan Olahraga Departemen Kepanduan DPP PKS untuk mengukur dan mengetahui tingkat kebugaran para penggunanya secara rutin dan berkala.

Pengguna dapat mengukur tingkat kelenturan punggung, otot punggung, otot tungkai serta mengukur keseimbangan tubuh dengan aplikasi ini.

Ada beberapa gerakan yang harus dilakukan untuk mengetahui tingkat kebugaran yaitu dengan melakukan gerakan-gerakan seperti flexometer, push up, sit up, back up, squat dan plank.

Dalam aplikasi ini tingkat kebugaran dibagi menjadi 5 tingkatan yaitu, bagus sekali, bagus, rata-rata, kurang dan kurang sekali. Hasil tersebut tergantung dari tingkat kebugaran penggunanya.

Setiap tingkatan akan mendapatkan threatment yang berbeda beda sesuai dengan tingkat kebugarannya.

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan Aplikasi PKS fit dapat menguduhnya secara gratis di play store.