JAKARTA , Korel.co.id — Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengungkapkan bela sungkawa atas terjadinya gempa bumi dengan pusat di Barat Daya Kabupaten Cianjur dengan skala 5,6 SR.

Gempa ini dirasakan kuat mengguncang wilayah Cianjur, Sukabumi, Bogor hingga DKI Jakarta. Syaikhu mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada DPW PKS Jawa Barat dan DPD PKS Kabupaten Cianjur untuk terjun langsung membantu masyarakat.

“Mari kita bersama-sama bahu membahu membantu para korban. Saya sudah menginstruksikan kepada pengurus PKS Jawa Barat dan khususnya PKS Cianjur untuk turun langsung membantu pemerintah daerah dalam upaya membantu masyarakat yang menjadi korban,” ungkap Syaikhu dalam keterangannya, Senin (21/11/2022) siang.

Syaikhu juga bersimpati kepada warga khsusunya di wilayah Cianjur yang terkena dampak langsung kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut.

“Kita semua berduka hari ini, mengucapkan bela sungkawa kepada saudara-saudara kita yang terdampak Gempa di Cianjur dan sekitarnya. Semoga para keluarga korban diberikan kekuatan, kesabaran dan ketabahan,” papar Syaikhu.

Sebelumnya Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut gempa bumi diduga terjadi karena pergerakan sesar Cimandiri. Gempa itu, jelas Dwikorita, berpusat di sekitar Sukabumi-Cianjur. Dia mengatakan gempa itu terjadi akibat patahan geser.

“Merupakan gempa yang diakibatkan patahan geser dengan magnitudo 5,6,” ujarnya.