Korel.co.id

Tulang Bawang Barat – Camat Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulangbawang Barat Surya Jaya Rades kembali melakukan kunjungan ekspansi dalam upaya mendorong semangat kewirausahawan salah satu pengusaha UMKM Gendis Ayu yang terletak di perbatasan kecamatan Tulang Bawang Udik dan kecamatan Tumijajar.

Kunjunganya kali ini didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan tumijajar Agustin Surya Jaya Rades, sekaligus melihat secara langsung apa saja jenis produk dan melihat kesiapan stok bahan baku untuk kebutuhan produksi minuman sehat tersebut, Jumat (29/3/24).

Surya Jaya Rades atau SJR sapaan akrab camat termuda di provinsi Lampung tersebut mengatakan, bahwa kunjungannya di Gendis Ayu bertujuan melihat secara langsung prosesi pembuatan prodak minuman herbal menyehatkan tersebut, sekaligus bersilaturahmi serta tatap muka dengan pemilik UMKM Ponco Eriyanto yang telah cukup lama merintis usahanya tersebut.

” Ini sangat luar biasa sekali, bagus dan menjadi hal yang tepat untuk mendongkrak ekonomi masyarakat Tubaba khusunya, warga Kecamatan Tumijajar jika kita mampu mengadopsi pengetahuan tersebut,” Ujar Surya saat ditanya awak media.

Lanjut Surya menambahkan, dirinya sebagai camat tumijajar akan berupaya secara serius agar dapat mengadopsi/ mencontoh pola usaha tersebut untuk tiyuh – tiyuh yang ada di wilayah kecamatan tumijajar, sehingga harapan kedepan masyarakat mampu meningkatkan nilai perekonomian keluarganya melalui usaha-usaha UMKM tersebut.

“Saya dan ketua Tim Penggerak PKK nanti akan mencoba mengaplikasikan hal ini kepada setiap Kelompok Tani Wanita ( KWT ) yang ada di tumijajar agar bisa menjadi penghasil rempah dan menjadi penyuplay kebutuhan utama prodak-prodak Gendis Ayu,” tuturnya.

Sementara itu selaku pemilik usaha UMKM Ponco menjelaskan, kebun rempah-rempah yang ia kelola sebagai bahan utama produk konsumsi minuman herbal jahe merah yang sudah memiliki label BPOM tersebut, tidak begitu luas hanya memanfaatkan pekarangan rumah tinggalnya saja.

“ini sangat sederhana dan sangat mungkin untuk dilaksanakan oleh siapapun yang mau berkembang,” Kata ponco.

Masih Ponco, selama ini UMKM di tubaba ini belum cukup mendapatkan empati dari penerintah daerah atau tiyuh selaku pemangku kepentingan, sementara jika saja kami pengusaha UMKM ini bisa sedikit saja mendapat perhatian secara serius tentunya pertumbuhan usaha-usaha kecil akan memberikan kontribusi fositiv terhadap Tubaba kedepan.

“Besar harapan saya kepada pak camat agar usaha ini bisa menjadi manfaat untuk orang banyak dalam meningkatkan kesejahteraan, terutama bagi warga-warga yang berpenghasilan rendah sehingga dengan usaha ini dapat menunjang kebutuhan dalam keluarga,” tandasnya.

Diakhir pertemuan tersebut Surya Jaya Rades dan Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan serta pengusaha UMKM Ponco Eriyanto membahas secara langsung rencana kerjasama tersebut dalam Podcast Warta JMSI Tubaba. Sehingga dengan demikian, diharapkan hal ini menjadi inspirasi untuk semua orang. (Yoga)

Loading