MESUJI , Korel.co.id — Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) melakukan penebaran (restocking) ribuan benih ikan di Sungai Mesuji, Wiralaga, Kecamatan Mesuji, Kamis (26/12/2019)

Penebaran ikan dilakukan di bantaran Sungai Mesuji Wiralaga di saksikan Wakil Ketua DPRD Mesuji Bob Nasution, Kadis DKP Pariman, Sekretaris DKP Ardi U Marwan, Camat Mesuji Iwan Rifai serta dihadiri masyarakat setempat.

Sekretaris DKP Mesuji Ardi Umum mengatakan, dari ribuan benih ikan tersebut terdiri atas benih ikan nila, nilam, tembakang, dan baung yang merupakan ikan endemik perairan di Sungai Mesuji dan digemari masyarakat.

“Sungai Mesuji merupakan sumber kehidupan dan ekonomi masyarakat di Kabupaten Mesuji. Namun, kondisi ekosistem di Sungai Mesuji kian memprihatinkan, termasuk semakin minimnya ikan endemik Mesuji. Kondisi inilah yang mendorong untuk melakukan tabur benih ikan (restocking),”ujar Ardi

Ardi menjelaskan, Pemkab Mesuji mendukung pelestarian dengan menelurkan kebijakan dalam rangka menjaga keseimbangan ekosistem sungai di Mesuji. Antara lain dengan penerbitan Peraturan Daerah yang mengatur soal larangan menangkap ikan dengan alat tangkap yang merusak sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan sebagaimana diubah dengan UU Nomor 45 Tahun 2009.

“Masih banyak masyarakat yang masih menggunakan setrum karena ketidaktahuan mereka. Oleh karenanya, sosialisasi terus kami lakukan kepada masyarakat agar tidak menggunakan setrum lagi,”bebernya.

Rilis Group Besar – inspiratif.co.id, Alwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *