Tulang Bawang Barat, Korel.co.id — Dana Desa Tambahan Tahun anggaran 2023 yang diterima Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubab) akibat dampak Elnino difokuskan untuk pembangunan Sumur Bor, Kamis (09/11/2023).

Dikatakan Saikudin Dana Desa tambahan yang di Terima Tiyuh Penumangan senilai 139 juta difokuskan untuk pembangunan sumur bor di tiga wilayah.

“Tiyuh Penumangan ini terdiri dari 13 suku dan 28 Rt, sementara di musim kemarau ini wilayah yang sangat membutuhkan air bersih ada di tiga wilaya yaitu suku 1, 5 & 6,” Uangkapnya.

Baca : Lembaga KAMPUD Laporkan Dugaan Korupsi Dinas Perikanan dan Peternakan Lampung Timur Ke Kejati

Dirinya menuturkan bahwa penetapan 3 wilayah tersebut berdasarkan hasil dari musyawarah yang di lakukan oleh kepala suku dari masing-masing RT.

“Kita sudah musyawarah dan hasilnya seluruh kepala suku sepakat 3 wilayah itu yang di tetapkan dan pihak BPT juga telah menyetujui,” Kata Saikudin.

Dirinya menjelaskan bahwa dari ketiga titik tersebut terdapat satu titik yang spesifikasi nya berbeda, terdapat pembangunan sumur bor yang dilengkapi dengan pengembangan jaringan pipanisasi untuk penyebaran agar lebih melayani.

Baca : Aisha dan Neby Boyong 11 Mendali di Tournament Of Champions World Scholar’s Cup Yale University USA

“Satu titik di suku 6 yang pembangunan nya kita lengakpi dengan pipanisasi, Bukan soal apa apa tapi ini agar masyarakat agar lebih bisa terlayani air bersih,” Ucapnya.

Rencananya, sumur bor yang yain di Tiyuh Penumangan juga akan dilakukan pengembangan pipanisasi namun hal itu tentunya memperhatikan anggaran tiyuh dan akan dilakukan dengan metode berkelanjutan tahun anggaran kedepan.

Disamping itu Saikudin berharap kepada masyarakat Tiyuh Penumangan agar dapat memanfaatkan air dengan baik dan bisa bersama-sama mejaga aset-aset Tiyu yang telah terbangun salah satunya Sumur Bor Tersebut. (Yoga)

Loading