Dampak dari Keberadaan TPA Sampah mulai dikeluhkan Warga

  • Laporan Wardi Saputra – Lampung

Lampung (Korel.co.id) Warga Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat keluhkan bau tak sedap yang ditimbulkan dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah milik Pemkab setempat yang berada tidak tidak jauh dari pemukiman Warga. Kamis, 14 Maret 2019.

Aroma bau tak sedap tersebut semakin membuat Warga Tiyuh Penumangan tidak nyaman pada Akhir-akhir ini selepas dari Pasca Banjir yang terjadi belakangan ini.

“TPA tersebut sempat terendam banjir juga hingga meluap melebihi tebing yang dibuatkan oleh pemkab, jadi sangat wajar kalau bau tak sedap (Busuk) itu menyebar kemana-mana, mengingat sampah yang dibuang disitu dari berbagai macam jenisnya jadi sudah pasti akan menimbulkan aroma tak sedap,”Ucap Hamdan Warga Tiyuh Penumangan pada Kamis, 14 Maret 2019 sekira pukul 11-00 WIB.

Yang sangat dikhawatirkan oleh warga Tiyuh Penumangan, bukan hanya persoalan bau tak sedap saja, namun dikhawatir akan menimbulkan dampak lainnya khususnya untuk kesehatan.

“Bisa saja berakibat pada wabah penyakit yang akan ataupun sudah ditimbulkan, mengingat TPA Sampah tersebut pernah digenangi banjir, bisa saja wabah yang bisa menimbulkan penyakit ikut terbawa keluar mengikuti aliran air, itu sangat kami khawatirkan, yang tidak ada penyebab nyata seperti itu wabah penyakit memang menyebar akibat curah hujan yang tinggi seperti yang terjadi belakangan ini, apalagi itu jelas dan nyata sumbernya ada,”Cetus Lison Warga lainnya.

Belum lama ini, persoalan tersebut memang sempat dibincangkan dengan Amirsonoperi, Ketua BPT sekaligus Tokoh Adat Tiyuh Penumangan, dirinya menyampaikan memang sudah pernah ada pembahasan terkait Aroma tak sedap yang ditimbulkan dari TPA Sampah itu.

“Dalam waktu dekat kami memang akan menyurati Pemkab Tulangbawang Barat terkait keberadaan TPA Sampah itu, memang tidak bisa dipungkiri kalau aroma tidak sedap dari TPA Sampah itu tercium, bukan satu atau dua orang Warga yang mengeluhkan itu bahkan hampir seluruh Warga, atas dasar itu kami akan menyurati pemkab ataupun Dinas terkait untuk persoalan ini,”Jelas Amirson belum lama ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *