FOTO : Sam Altman, chief executive officer OpenAI, pada pertemuan tahunan Hope Global Forums di Atlanta, Georgia, AS, pada hari Senin, 11 Desember 2023. Pertemuan ini dihadiri oleh lebih dari 5.200 delegasi yang mewakili 40 negara yang bertujuan untuk menata ulang ekonomi global sehingga manfaat dan peluang perusahaan bebas dapat dinikmati oleh semua orang.

 

New York, Korel.co.id — Sam Altman menyerukan kepada sektor teknologi untuk memiliki lebih banyak “empati” kepada rekan-rekan Muslim, Arab, “dan terutama Palestina” di tengah perang yang sedang berlangsung di Gaza.

Kepala eksekutif pembuat ChatGPT OpenAI, salah satu perusahaan rintisan paling kuat di dunia, mengatakan dalam sebuah tulisan di X bahwa rekan-rekan Muslim, Arab, dan Palestina di komunitas teknologi yang pernah ia ajak bicara “merasa tidak nyaman untuk berbicara tentang pengalaman mereka baru-baru ini, sering kali karena takut akan adanya pembalasan dan prospek karier yang rusak.”

“Industri kita harus bersatu dalam mendukung rekan-rekan ini; ini adalah waktu yang mengerikan,” tulis Altman.

Dia menambahkan bahwa dia terus “berharap akan adanya perdamaian yang nyata dan abadi.” Namun, ia juga mengatakan bahwa untuk sementara waktu, “kita dapat memperlakukan satu sama lain dengan empati.”

Komentarnya muncul hampir tiga bulan setelah serangan 7 Oktober oleh militan Hamas yang menewaskan sekitar 1.200 orang di Israel.

baca : Pasukan Israel Hancurkan Pusat Komando Hamas di Gaza Utara

Komentar tersebut juga muncul ketika jumlah korban tewas akibat serangan balasan Israel telah mencapai 22.600 orang di Gaza, menurut penghitungan terakhir dari Kementerian Kesehatan yang dikendalikan Hamas.

Pembantaian yang sedang berlangsung di Gaza telah memecah belah masyarakat Amerika.

Kelompok-kelompok advokasi telah melaporkan adanya peningkatan tajam dalam wacana anti-Semit dan Islamofobia di dunia maya, yang beberapa di antaranya juga dikaitkan dengan kekerasan di dunia nyata.

Sementara itu, di berbagai kampus dan perusahaan di Amerika, protes dan perdebatan telah meletus yang mengakibatkan beberapa orang kehilangan pekerjaan mereka atau diancam.

baca :Kompolnas Apresiasi Polri Cegah Potensi Serangan Teror saat Libur Nataru 2024

Menanggapi sebuah balasan atas postingannya yang menanyakan tentang kabar rekan-rekannya yang beragama Yahudi, Altman berkata, “Saya adalah seorang Yahudi. saya percaya bahwa antisemitisme adalah masalah yang signifikan dan terus berkembang di dunia, dan saya melihat banyak orang di industri kami yang membela saya, dan ini sangat saya hargai.”

Altman melanjutkan: “Saya melihat hal itu jauh lebih sedikit terjadi pada kaum muslim.”

 

Sumber : Catherine Thorbecke, CNN

Loading