PEKALONGAN, Korel.co.id – Memberi Sambutan Sekaligus Meresmikan Pembangunan Distribusi Air Minum Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Kabupaten Lampung Timur Tahun Anggaran 2019 di Desa Gantimulyo, Kecamatan Pekalongan. Senin ,23 Desember 2019.

Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat atas program ini dan berharap dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Ucapan ribuan terimakasih kita kepada pemerintah pusat yang dalam hal ini yakni Provincial koordinator beserta jajaran, mudah-mudahan Pamsimas ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Lampung Timur khususnya masyarakat Desa Gantimulyo”.

Sebagai informasi, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, dimana program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Tujuan dari program ini sendiri ialah agar masyarakat mendapakan air bersih dan sanitasi yang baik di lingkungan desa yang mana merupakan salah satu kunci menciptakan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Penerapan Ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (Sektor Air Minum dan Sanitasi).

Hadir pula dalam acara tersebut, Provincial Koordinator PAMSIMAS Roms 6 Provinsi Lampung, Robert Irwan Natakusuma, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Datang Cahaya Hartawan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Puji Riyanto, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lamtim, Verzanita Hasan, Sekretaris Korpri, Cahya Budi Permana, Camat Pekalongan, Nuryanto beserta Forkopimcam, dan Kepala Desa Gantimulyo Margiyono. Selain itu hadir pula Seluruh Camat dan seluruh Kepala Desa Se-Kabupaten Lampung Timur Yang Mendapatkan Bantuan.

Dalam penyampaiannya Zaiful menjelaskan bahwa untuk tahun 2019 Kabupaten Lampung Timur mendapat bantuan sebanyak 20 titik Pamsimas.

“Alhamdulillah didepan kita ini adalah bentuk bantuan dari pemerintah pusat terhadap Lampung Timur. Tahun 2019 terdapat 20 titik Pamsimas yang yang salah satunya ada di Desa Gantimulyo”.

“Kalau kita lihat dari anggaran ini kurang lebih 364juta yang Alhamdulillah sudah berdiri tegak dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang membutuhkan, apalagi saat ini masih termasuk juga musim kemarau dan beberapa masih ada sumurnya yang kering, maka dari itu ini bisa dimanfaatkan”, ujar pria yang akrab disapa Bang Ipul itu.

Masih dalam sambutannya, mengahadapi akhir tahun Zaiful berharap masyarakat dapat tetap menjaga kerjasama dan tidak mudah terprovokasi.

“Menghadapi akhir tahun ini saya berharap camat, forkpimcam dan kepala desa dapat senantiasa menjaga situasi yang aman dan kondusif, aaplagi Lampung Timur saat ini mendekati pilkada maka dari itu jangan sampai terprovokasi, kerjasama yang baik antar masyarakat ini sangat dibutuhkan demi pembangunan Lampung Timur kedepan”, pungkasnya.

Sementara itu, sebagai salah satu desa yang beruntung mendapatkan program Pamsimas, selaku Kepala Desa Gantimulyo, Margiyono ucapkan terimakasih dan berharap program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat desa.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Pamsimas di desa kami, mudah-mudahan apa yang telah dilaksanakan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga masyarakat Desa Gantimulyo”.

Margiyono mengatakan bahwa program Pamsimas ini benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi dimusim kemarau masyarakat kesulitan memperoleh air bersih, “insyallah dengan ini masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik”, tutupnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Lampung Timur pada Tahun 2019 ini mendapatkan bantuan PAMSIMAS yang bersumber dari Dana APBN Sebanyak 20 titik di 6 Kecamatan. Adapun kecamatan yang menerima ialah kecamatan Batanghari sebanyak 7 titik, Pekalongan 2 titik, Braja Selebah 3 titik, Way Bungur 2 titik, Waway Karya 4 titik dan Sukadana 2 titik.

Sementara yang bersumber dari dana APBD, Lampung Timur mendapat 6 titik yakni Kecamatan Way Bungur 4 titik, serta Kecamatan Marga Tiga dan Sukadana masing-masing satu titik.

Dalam sambutannya Provincial Koordinator PAMSIMAS Roms 6 Provinsi Lampung, Robert Irwan Natakusuma berharap program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan kedepan pihak-pihak terkait dapat bekerjasama dalam merawat sarana dan prasarana yang ada.

“Untuk dapat terlaksana kegiatan ini secara berkelanjutan kami sangat berharap kepada masyarakat gantimulyo untuk dapat bersama-sama menjaga atau meneruskan kegiatan ini agar tetap bermanfaat bagi masyarakat karena umur perencanaannya sebanyak 15 tahun. Untuk itu perlu adanya kerja keras dan kerjasama pihak-pihak terkait agar Saranan prasarana ini dapat dijaga bagi masyarakat”.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran.

Humas / Editor : M.Ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *