PALAS – Bupati Kabupaten Lampung Selatan, Nanang Ermanto, Kamis 08-September-2022, membuka pelaksanaan kegiatan Kecamatan Palas Fair 2022 yang dimulai pada 7 hingga 8 September 2022 berlangsung semarak dan meriah.

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola, Desa Palas Bangunan, Kecamatan Palas, kabupaten setempat.

Turut hadir anggota Forkopimda, Kepala Organiasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lampung Selatan, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto, Ketua DWP Lampung Selatan Yani Thamrin dan Camat Palas Ns. Rosalina.

Pada pelaksanaan Palas Fair 2022 kali ini menghadirkan 85 unit stand UMKM, Parade Adat Budaya 21 Desa se-Kecamatan Palas, Pentas Seni dan Gebyar Dongeng.

Nanang Ermanto sangat mengapresiasi atas terselenggaranya pameran UMKM dan IKM di Kecamatan Palas tersebut.

“Bukan hanya meriah, masyarakat dan para penggiat UMKM saya lihat sangat kompak menampilkan berbagai produk unggulan desa,” kata Nanang Ermanto.

Ketua DPC PDIP Lampung Selatan ini juga mengatakan, bahwa Kecamatan Fair 2022 merupakan salah satu ajang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, yaitu melalui promosi budaya dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kecamatan setempat.

Menurut Nanang, UMKM menjadi pilar penting dalam perekonomian Indonesia, serta telah berkontribusi besar terhadap pemulihan ekonomi nasional. Dia berharap, UMKM Lampung Selatan dapat terus bangkit dan mempu menjadi stabilitas sistem perekonomian daerah.

“Ini titik ke 3 saya menghadiri Kecamatan Fair, terus terang hari ini luar biasa. Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat desa yang telah menampilkan kreasi desa, tarian Jawa, Lampung-Sumatera dan budaya lainnya. Ini menunjukkan kebudayaan kita dalam menyatukan kesenian dan budaya,” ujar Nanang.

Pada kesempatan itu, Nanang juga meminta kepada masyarakat dan penggiat UMKM, IKM dan Budaya, agar tidak mudah menyerah dan putus asa dalam menghadapi situasi COVID-19 serta inflasi yang membuat perekonomian daerah tidak stabil.

Untuk menghadapi permasalahan tersebut, Nanang berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumah, serta terus menggali potensi desa, mulai dari sektor UMKM, IKM, Seni dan Budaya, serta Pariwisata.

“Manfaatkan pekarangan, jangan cabe tinggi harganya ibu-ibu teriak. Ini bukan Indonesia saja, ini global, dunia. Maka saya pinta terus gali potensi desa dan UMKM untuk menggali ekonomi. Terjadi inflasi, yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Bagaimana dengan situasi saat ini kita makin cerdas dalam hal berfikir, dalam situasi inflasi seperti ini,” ucapnya.

Sementara Camat Palas Ns. Rosalina menyampaikan, Kecamatan Palas Fair 2022 yang berlangsung selama 2 hari merupakan ajang pengenalan produk UMKM kepada masyarakat luas.

Rosalina berharap, dengan terselenggaranya kegiatan itu dapat meningkatkan penjualan dan mengembangkan produk, serta memperluas jaringan pelaku UMKM dalam menggaet para investor, sehingga bisa meningkatkan modal usaha.

“Kegiatan ini terselenggara atas keja sama dari seluruh stakeholder terkait. Sesuai dengan arahan tingkat pusat dan daerah bagaimana kita terus menggali potensi yang ada daerah, terutama di Kecamatan Palas. Serta mempromosikan semua budaya, UMKM Kecamatan Palas hingga ke tingkat tinggi,” ujar Rosalina dalam laporannya. (*)

Tinggalkan Balasan