Pesisir Barat , Korel.co.id — Bhineka Tunggal Ika “Harmoni Keberagaman Menuju Prestasi Gemilang, Di SMAN 1 Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat. Senin (30/10/2023).

Putrawan Jaya Ningrat., Mengatakan Dalam kurikulum merdeka Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik.

Untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Baca : Pemkab Mesuji Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023

Kemendikbud Ristek menetapkan beberapa tema yang dapat dijadikan acuan dalam penguatan profil pelajar Pancasila, Salah satunya adalah tema Bhineka tunggal Ika yang saat ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pesisir Tengah

Tema ini merupakan tema 1 dalam implemementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pansila di SMA N 1 Pesisir Tengah.

Berdasarkan Tema ini maka dibuat sebuah kegiatan dengan nama “Harmoni Keberagaman Menuju Prestasi Gemilang”.

Baca : UKM Teater Mentari UM Metro Rayakan Milad 3 Dekade

Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Bhineka Tunggal Ika “Harmoni Keberagaman Menuju Prestasi Gemilang ini”.

Ada dalam 3 Dimensi yang dijadikan sasaran tujuan kegiatan, yakni Berkebhinnekaan Global bertujuan Peserta didik diharapkan mampu mengenal dan mengidentifikasi ciri khas daerah se-Indonesia.

Bergotong royong bertujuan Peserta didik diharapkan mampu memiliki kemampuan untuk melakukan kolaborasi dengan sukarela agar kegiatan proyek yang dikerjakan dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan untuk kebaikan bersama.

Baca : Farah Nuriza Amelia: Pemuda Harus Mengerti Tentang Dunia Digital

Kreatif Peserta didik diharapkan mampu menghasilkan gagasan, karya dan tindakan yang orisinil dari kegiatan proyek yang sudah mereka lakukan dalam bentuk pameran / bazar karya makanan khas daerah se-Indonesia dan lagu daerah se- Indonesia melalui lomba Paduan suara.

Harapannya kegiatan Projek penguatan profil Pelajar Pancasila dengan tema Bhineka Tunggal Ika “Harmoni Keberagaman Menuju prestasi gemilang, memiliki manfaat yang banyak yakni peserta didik mengenal keberagaman daerah di Indonesia, dan Peserta didik dapat menjaga kerukunan dan persatuan di kelas dan sekolah, sehingga mereka dapat mencapai prestasi yang gemilang,” Ungkap Putrawan. (Try)

Loading