Bandar Lampung, Korel.co.id — Kegiatan Sosialisasi Indeologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (SIPWK) yang diselenggarakan oleh Aep Saripudin, Wakil Ketua DPRD Kota Bandar Lampung pada Senin, 6 Nopember kemarin bertempat di halaman kantor DPTW PKS Lampung dihadiri oleh warga sekitar. Dalam sambutannya Aep menegaskan bahwa kegiatan ini mengingatkan kita kembali agar melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu bentuk implementasinya adalah kepedulian terhadap rakyat sipil Palestina yang saat ini menjadi korban keberutalan tentara Israel. “Ada kepedulian kita terhadap rakyat Palestina. Minimal ada empati, dan mendokannya sebagai bentuk dukungan dan bela Palestina sebagai pengamalan nilai Pancasila,” pungkas Aep.

Dalam kegiatan ini yang menjadi narasumber adalah H. Ade Utami Ibnu, S.E., Anggota DPRD Propinsi Lampung dan Ahmad Darmanto, S.Si., Pengurus Yayasan Pendidikan Darul Hikmah Bandar Lampung.

Baca : Kolaborasi Muhammadiyah Provinsi Lampung & Pemkab Tubaba Dalam Memberikan Bantuan Material Warga Terdampak Bencana Alam

Ade yang hadir menggunakan syal Palestina, juga sebagai bentuk dukungan bela Palestina. Dalam pemaparannya Ade menegaskan pengamalan nilai Pancasila dimulai dari hati nurani yang paling dalam. Melihat fenomena dibombardirnya pemukiman dan rumah sakit di Palestina oleh tentara Israel, bagaimana hati nurani kita, kata Ade mempertanyakan. Kalau hati nurani kita juga merasakan pedih dan pilu berarti telah tertanam nilai Pancasila dalam diri kita. “Tidak ada kata lain, wujud dari nilai Pancasila, kita harus bela Palestina,” jelas Ade.

Ahmad Darmanto mengupas wawasan kebangsaan bahwa Indonesia adalah bagian dari negara bangsa yang ada di dunia. Makankita juga harus memahami geopolitik nasional dan internasional. Salah satunya adalah dihapuskannya penjajahan di muka bumi ini sesuai dengan pembukaan UUD 1945. Termasuk dihapuskannya penjajahan Israel terhadap rakyat Palestina.(suci)

Loading